Find Us On Social Media :

7 Manfaat Konsumsi Honeydew, Melon Hijau yang Kaya Kandungan Air

Buah melon adalah salah satu buah yang kaya kandungan air.

GridKids.id - Kids, apakah kamu sering makan buah melon sebagai makanan penutup?

Buah yang punya nama latin Cucumis melo L. yang berasal dari kawasan Mediterania tepatnya di lembah Persia.

Buah melon hijau (honeydew) yang punya rasa manis menyegarkan ini juga kaya kandungan air, hampir 90% kandungan air terdapat pada bagian daging buahnya.

Daging buahnya lembut dan kaya kandungan air juga berbagai kandungan gizi, seperti karbohidrat, lemak, serat, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, dan zinc.

Melon biasa dinikmati daging buahnya setelah dibelah dan dikupas kulit dan dibuang bijinya, atau dikonsumsi sebagai jus.

Selanjutnya akan diuraikan tentang manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini.

1. Mencegah Dehidrasi

Kondisi tubuh yang mengalami dehidrasi disebabkan karena tubuh yang kekurangan cairan sehingga enggak bisa berfungsi sebagaimana biasanya.

Selain minum air, salah satu cara mudah untuk mencegah dehidrasi adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya kandungan air seperti buah melon.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Cantaloupe untuk Kesehatan, Salah Satunya Stabilkan Tekanan Darah

Dua potong buah melon mengandung 159 gram air atau setara setengah gelas air, beragam jenis kandungan mineral dalam buah ini juga bisa membantu memulihkan cairan tubuh yang hilang dari tubuhmu karena lelah beraktivitas, lo.

2. Mengatasi Sembelit

Ketika mengalami kesulitan buang air besar, kamu bisa mengonsumsi buah melon untuk membantu mengatasi permasalahan pencernaan ini.

Kandungan serat dan air pada melon bisa membantu feses lebih berisi namun cukup lunak untuk dikeluarkan dari tubuh.

Kandungan serat melon memang enggak setinggi buah-buahan lainnya tapi justru cocok untuk orang yang belum terbiasa mengonsumi makanan tinggi serat.

Dengan bertahap menambah asupan serat yang dikonsumsi tubuh bisa membantu perut terbiasa mengeluarkan feses secara teratur.

3. Memperkuat Imunitas

Melon mengandung vitamin C yang baik untuk imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa memperkuat sel imun yang melindungi jaringan tubuh dari kerusakan selama melawan kuman.

Dianjurkan untuk makan sepotong melon setiap hari untuk melindungi tubuh dari risiko terpapar infeksi.

Baca Juga: 5 Jenis Buah yang Aman untuk Asam Lambung, Mulai dari Melon hingga Kelapa

4. Tidur Lebih Nyenyak

Kandungan vitamin B6 dalam buah melon bisa membantu memicu pembentukan serotonin.

Hal ini berfungsi menjaga mood stabil, membuat perasaan menjadi bahagia, dan membuat tidur seseorang jadi lebih nyenyak.

Selain itu, vitamin B6 juga memicu produksi melatonin atau hormon mengantuk di malam hari. Jadi, buah ini bisa jadi solusi untuk membantu jika kamu merasa sulit tidur di malam hari.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Melon mengandung lutein dan zeaxanthin yang tergolong sebagai karotenoid, dan berfungsi sebagai zat bahan baku vitamin A.

Keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi jaringan mata dari risiko kerusakan mata akibat sinar matahari, pertambahan usia, dan lingkungan.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam buah melon bisa membantu mengembalikan volume darah jadi seimbang dan menurunkan tekanan darah yang sempat melonjak dalam tubuh.

Baca Juga: Simak Beberapa Tips Memilih Buah Melon yang Matang Sempurna, Apa Saja?

Konsumsi makanan rendah natrium dan kaya kandungan kalium baik untuk kesehatan jantungmu.

7. Baik untuk kulit

Rajin mengonsumsi melon bisa membantu mencerahkan kulit secara alami, lo.

Vitamin C dalam buah melon bisa membantu mendorong pembentukan kolagen yang bisa membantu memperbaiki jaringan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C pada melon juga bermanfaat sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Itulah tadi manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan pencernaan hingga kesehatan mata.

Buah yang kaya kandungan air ini baik dikonsumsi juga untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi sekaligus menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Buah melon ternyata enggak hanya manis, tapi juga kaya manfaat kesehatan.

Jadi, jangan sampai melewatkan buah melon yang disajikan untukmu, ya, Kids.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.