Find Us On Social Media :

Wacana Vaksinasi Dosis Keempat di Indonesia, Begini Pendapat Kemenkes

Dosis keempat vaksinasi diberikan setelah vaksin primer dan booster sudah mencapai target.

GridKids.id - Proses vaksinasi COVID-19 di Indonesia masih fokus untuk menyelesaikan distribusi vaksin primer (vaksin pertama dan kedua) dan vaksin booster (vaksin ketiga).

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes RI, Ibu Siti Nadia Tarmizi ketika ditanya tentang wacana vaksin dosis keempat.

Seperti yang sudah diketahui bahwa beberapa negara sudah melakukan pemberian vaksin dosis keempat seperti di Amerika Serikat, Chile, Israel, Inggris , Kanada, Korea Selatan, Swedia.

Pemberian dosis lanjutan vaksin booster ini diberikan agar masyarakat memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi untuk menghadapi paparan virus COVID-19.

Dilansir dari kompas.com, mewakili Kemenkes RI, ibu Siti mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia saat ini masih fokus untuk menyelesaikan target vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster.

Menurut data terakhir yang tercatat pada Sabtu (12/3/2022) pukul 12.00 WIB, Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga hingga saat ini sudah tercatat 14,3 juta dosis (6,89 %) dari total target vaksinasi nasional sebanyak 208,2 juta dosis.

Pemerintah Indonesia belum memutuskan untuk menyelenggarakan pelaksanaan vaksinasi dosis keempat.

Hal ini disebabkan karena belum ditemukannya bukti bahwa pemberian vaksin tambahan ini akan memberikan efek yang signifikan pada imunitas tubuh.

Ibu Siti menambahkan bahwa keputusan terkait wacana vaksinasi dosis keempat di Indonesia akan mempertimbangkan publikasi ilmiah dan rekomendasi dari WHO.

Baca Juga: Vaksinasi Booster 12 Januari 2022, Apa Manfaatnya untuk Tubuh?

Kemungkinan Pemberian Vaksin Dosis Keempat di Indonesia