Find Us On Social Media :

Tanggapan Epidemiolog Terkait Wacana Pelonggaran Protokol Kesehatan

Ilustrasi masyarakat beraktivitas di tengah pandemi lengkap dengan masker.

GridKids.id - Sebagai tindak lanjut dari wacana persiapan menghadapi masa transisi dari pandemi COVID-19 ke fase endemi, pemerintah kini sedang dalam proses penyusunan roadmap (peta jalan).

Hal ini disampaikan juga oleh Ibu Siti Nadia Tarmizi selaku sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI.

Dalam konferensi pers virtual pada Kamis (8/3/2022), Ibu Siti menyatakan bahwa pemerintah sudah membahas tentang rencana pelonggaran protokol kesehatan.

Beberapa hal yang sedang dalam proses pengkajian di antaranya kemungkinan untuk melepas masker dan masyarakat yang enggak lagi harus menjaga jarak.

Namun, keduanya aturan itu nantinya enggak akan diterapkan dalam waktu yang bersamaan.

Lalu, seperti apa tanggapan epidemiolog tentang wacana pembahasan roadmap ini? Simak uraian lengkapnya di bawah ini, Yuk!

Pandangan Epidemiolog tentang pembahasan roadmap

Menurut Bapak Dicky Budiman, Epidemiolog Universitas Griffith Australia, transisi pandemi menuju endemi harus mengacu pada pernyataan resmi dari World Health Organization (WHO).

Jika dari pihak WHO belum mengeluarkan pernyataan soal bebas pandemi, harusnya pemerintah tetap taat dan memberlakukan aturan lama untuk menjaga masyarakat dari risiko lonjakan kasus yang lebih parah.

Baca Juga: Transisi dari Pandemi ke Endemi Pasti Terjadi, Begini Kata Epidemiolog

WHO akan mencabut status pandemi dunia jika sepertiga dari negara-negara dunia sudah masuk ke tahap endemi atau setidaknya sudah berhasil mengendalikan persebaran COVID-19.

Kategori endemi hanya akan bisa tercapai jika penularan enggak lebih dari 1%, enggak ditemukan kasus positif COVID-19 selama sebulan terakhir, ditambah enggak ada lagi kasus kematian yang disebabkan oleh virus COVID-19.