Find Us On Social Media :

BMKG Beri Peringatan Dini, Berikut 5 Cara Jaga Kesehatan Tubuh Hadapi Cuaca Ekstrem

Ilustrasi cuaca ekstrem, hujan deras disertai petir.

GridKids.id - Kids, sadarkah kamu bahwa belakangan cuaca sedang sering hujan di malam hari dan cukup terik di siang hari?

BMKG bahkan melakukan beberapa peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia.

Seperti minggu ini sejak Selasa (8/3/2022) dan Rabu (9/3/2022) BMKG membuat peringatan bahwa akan ada hujan dan angin kencang yang disertai petir.

Peringatan dini BMKG diperuntukan untuk masyarakat supaya tetap waspada, karena kondisi ini ternyata bisa membawa risiko kesehatan bagi masyarakat.

Indonesia yang beriklim tropis dan akan lembap setiap kali pergantian musim (pancaroba) dianggap memiliki potensi persebaran virus.

Fakta bahwa kini kondisi cuaca berubah ekstrem di tengah pancaroba akan semakin menambah tinggi risiko persebaran virus yang mengancam sistem imunitas tubuh.

Dilansir dari kompas.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga diri dari persebaran virus-virus yang berkembang pesat ketika suhu lembab seperti belakangan ini, di antaranya:

1. Menjaga pola makan

Selama berada dalam situasi pandemi, di tengah musim pancaroba dan menghadapi cuaca ekstrem belakangan, perlu usaha ekstra untuk menjaga sistem imunitas tubuhmu, nih, Kids.

Baca Juga: Kebiasaan Makan Malam Tak Selalu Buruk, Begini Rekomendasi Jam Makan yang Baik untuk Kesehatan

Kamu perlu memerhatikan asupan makanan dan memastikan kebutuhan nutrisimu tercukupi.