Find Us On Social Media :

Benarkah Tidur Setelah Makan Bisa Bikin Gemuk? #AkuBacaAkuTahu

Benarkah tidur setelah makan bisa memicu kegemukan?

GridKids.id - Siapa, nih, yang punya kebiasaan tidur setelah makan? Banyak orang yang percaya bahwa tidur setelah makan dapat membuat badan menjadi gemuk. Hmm..apakah benar begitu, Kids? Asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi bisa berasal dari karbohidrat, lemak dan protein yang diukur dengan satuan kilokalori (kkal). Untuk menghindari kegemukan, kamu dapat mengonsumsi asupan sesuai dengan tingkat kebutuhan kalori per harinya.

Selain itu, aktif bergerak atau berolahraga yang dapat mencegah obesitas. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin, usia, dan metabolisme tubuh. Contohnya seperti laki-laki yang berusia 19 tahun aktif bergerak dan rutin berolahraga sehingga ia membutuhkan 3000 kkal. Sedangkan untuk laki-laki lansia yang enggak bisa bergerak banyak, kebutuhan kalkrinya bisa di bawah 2000 kkal.Baca Juga: Di Balik Rasanya yang Lezat dan Murah, Ternyata Ini Dampak Buruk Terlalu Sering Mengonsumsi Fast Food

Lalu, mengapa setelah makan kita enggak boleh langsung tidur?

Alasan mengapa setelah makan enggak boleh tidur adalah karena mempertimbangkan proses pencernaannya.

Enggak hanya itu saja, tidur setelah makan juga dapat memicu asam lambung naik dan susah tidur di malam hari. Beberapa ahli gizi menyarankan untuk mengatur jarak antara makan dan tidur. Jarak setelah makan boleh langsung tidur sekitar tiga jam atau dua sampai empat jam. Namun, jika makanan yang dikonsumsi ringan seperti buah dan sayur, jarak antara waktu makan dan tidur boleh sekitar satu hingga dua jam. Semakin berat jenis makanan yang kita konsumsi seperti makanan cepat saji, proses mencerna makanan juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Jeda waktu sekitar jam antara tidur dan makan merujuk pada lamanya proses pencernaan makanan. Proses yang dimaksudkan adalah proses makanan mulai masuk dari mulut sampai singgah ke usus.Baca Juga: Masih Mau Rebahan Setelah Makan? Ternyata Ini yang Terjadi pada Tubuh

Namun sekarang, kamu enggak perlu khawatir dan bingung dengan pertanyaan apakah tidur setelah makan bisa membuat kita gemuk. Hal yang paling penting diingat bahwa selalu memerhatikan asupan sehat yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, berikan jarak antara waktu makan dan tidur sekitar dua hingga empat jam agar enggak memicu masalah kesehatan.

Itulah penjelasan tentang tidur setelah makan yang sering dikaitkan dengan kegemukan.

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.