Find Us On Social Media :

Asal-Usul Gado-Gado, Sarapan Sehat dan Mengenyangkan Khas Betawi

Semangkuk gado-gado lengkap sebagai sarapan sehat dan mengenyangkan.

GridKids.id - Ketika bicara tentang sajian sehat biasanya banyak orang langsung terbayang semangkuk salad sayuran hijau yang terlihat segar.

Tahukah kamu bahwa Indonesia punya sajian salad khasnya sendiri? Yap, kamu pasti enggak asing lagi dengan sajian gado-gado yang populer sebagai kuliner Betawi.

Gado-gado disajikan bersama ketupat, lengkap dengan berbagai potongan sayuran segar seperti timun, tomat, taoge, selada, kentang rebus, telur rebus, potongan tempe atau tahu goreng, lalu ditaburi bawang goreng, disiram dengan saus kacang dan dilengkapi dengan kerupuk udang atau emping.

Sajian gado-gado biasanya dinikmati sebagai sarapan yang lengkap dan mengenyangkan karena mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan serat.

Lalu seperti apa sih sejarah dari sajian gado-gado ini? Simak uraian lengkapnya dalam penjelasan berikut ini, Yuk!

Asal-Usul Gado-Gado

Jika bicara tentang sejarah dari sajian gado-gado, hingga saat ini enggak ada penjelasan pasti dari mana sajian ini berasal.

Hanya saja disebutkan bahwa sajian ini sudah populer sejak sekitar 1950-an dan jadi sajian yang banyak digemari masyarakat hingga saat ini.

Ada berbagai versi asal muasal gado-gado, mulai dari versi masyarakat lokal hingga versi ciptaan masyarakat Tionghoa yang menetap di Indonesia.

Baca Juga: Mulai Dijual pada Zaman Kolonial, Begini Sejarah Pempek Oleh-Oleh Khas Palembang

 

Istilah gado disebut mengacu pada 'digado' atau disantap tanpa nasi, nyatanya sajian ini memang dinikmati dengan lontong yang dicampur bersama berbagai kondimen pelengkap gado-gado lainnya.