Find Us On Social Media :

Lezat dan Kaya Nutrisi, Inilah 6 Manfaat Konsumsi Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh

Sepiring rumput laut kering.

GridKids.id - Kids, siapa nih di antara kamu yang suka mengonsumsi rumput laut?

Biasanya rumput laut banyak ditemukan dalam sajian atau kuliner khas Jepang seperti sushi, onigiri, maupun sebagai camilan ringan yang bisa dikonsumsi kapanpun.

Rumput laut merupakan keluarga ganggang multi sel yang terdiri dari ganggang hijau, ganggang merah, dan ganggang cokelat.

Rumput laut berwarna cokelat memiliki kandungan iodiumnya tinggi dan diperlukan untuk membantu proses produksi hormon tiroid.

Inilah kenapa rumput laut sering dikonsumsi untuk mengobati penyakit gondok atau pembengkakan kelenjar tiroid.Berikutnya akan dijelaskan tentang manfaat konsumsi rumput laut untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Dapat Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Tahukah kamu bahwa rumput laut mengandung kalsium yang sehat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi kita.

Enggak hanya itu saja, kalsium juga dapat membantu menjaga kesehatan fungsi jantung, otot dan saraf.

Baca Juga: Praktis dan Lezat, Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Sarden yang Baik untuk Kesehatan Tulang

2. Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

Rumput laut memiliki khasiat yang luar biasa yaitu dapat membantu mengurangi risiko diabetes.Hal ini dikarenakan rumput laut yang mengandung fucoxanthin yang dapat meningkatkan keseimbangan gula darah. Adapun kandungan alginate yang dapat mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.3. Bantu Mempercepat LukaKhasiat lainnya dari rumput laut yang harus kamu tahu adalah dapat membantu mempercepat luka agar segera sembuh.Hal ini karena rumput laut yang mengandung vitamin K dan bekerja sama dengan trombosit yang merupakan jenis sel yang membentuk gumpalan pembekuan darah.