Find Us On Social Media :

Sering Mengantuk di Siang Hari? Ini 4 Cara Mengatasinya Selain dengan Minuman Berkafein

Ada beberapa cara mengatasi mengantuk di siang hari selain minum kopi.

GridKids.id - Siapa di antara kamu yang suka ngantuk di siang hari?

Biasanya, hal ini kerap terjadi apalagi disela kesibukan aktivitas kita. Minuman berkafein menjadi salah satu cara mengatasi ngantuk yang biasa menjadi kebiasaan sebagian orang. Namun begitu, ternyata ada juga yang enggak cocok dengan minuman berkafein yang satu ini. Ada beberapa orang yang merasakan sakit perut atau asam lambungnya naik saat mengonsumsi minuman berkafein. Nah, untuk orang yang sedang menghindari minuman berkafein, enggak perlu khawatir lagi. Karena ternyata ada beberapa cara mengatasi mengantuk di siang hari yang jauh lebih sehat. Apa saja itu? Yuk, kita cari tahu di sini! Cara mengatasi mengantuk di siang hari

Baca Juga: Sering Mengantuk di Siang Hari? Ternyata Ini Penyebabnya yang Jarang Disadari

1. Olahraga

Saat kamu merasa mengantuk di siang hari namun masih ada kegiatan dan aktivitas, cobalah lakukan olahraga ringan. Kamu bisa naik turun tangga atau sekedar jalan-jalan di dalam ruangan sambil melakukan peregangan. Untuk mempertahankan tingkat energi agar enggak mudah lelah dan mengantuk, lakukan olahraga seminggu dua kali. 2. Minum air putih Kekurangan cairan juga bisa menjadi penyebab kantuk di siang hari, lo. Maka dari itu, perbanyaklah minum air putih agar tubuh terus terhidrasi dengan jumlah yang cukup sepanjang hari. 3. Perbaiki pola tidur Penyebab orang sering mengantuk di siang hari lainnya adalah pola tidur yang buruk.Baca Juga: Mengapa Kita Lebih Sering Mengantuk di Malam Hari? #AkuBacaAkuTahu

Yap, hindari begadang dan usahakan untuk tidur minimal 7 jam di malam hari.

Pertahankan tidur dan waktu bangun tidur yang sama setiap hari. Jika sulit tidur di malam hari, coba berikan jeda jadwal makan dua jam dari waktu tidur. Hindari terus memegang gadget di malam hari sebelum dan aturlah kamar dengan nyaman sebelum istirahat. 4. Mengonsumsi makanan sehat Mengonsumsi camilan saat mengantuk di siang hari kerap kali menjadi kebiasaan yang justru membuat kita semakin mengantuk. Cobalah untuk mengganti camilan dengan yang lebih sehat seperti beri, apel atau pisang. Pastikan untuk memakan asupan yang kaya protein seperti sayur dan buah untuk simber energi sepanjang hari.

Nah, itu dia beberapa cara untuk mengatasi mengantuk di siang hari selain minum kopi. Salah satunya konsumsi camilan sehat.

Baca Juga: Supaya Aman Berkendara, Begini Cara Menghilangkan Serangan Kantuk di Perjalanan

 

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.