Find Us On Social Media :

Bisa Menimbulkan Masalah Kesehatan, Hindari Memakan Mentah 5 Jenis Makanan Ini

(Ilustrasi) Makanan yang enggak boleh dikonsumsi saat mentah

 

GridKids.id - Kids, apakah kamu pernah memakan makanan mentah? Untuk sebagian orang, makan makanan mentah sudah menjadi kebiasaan dan menjadi selera tersendiri. Contohnya seperti makanan asal Jepang yaitu sashimi atau salmon mentah yang biasa dihidangkan di restoran Jepang. Atau juga makanan Indonesia yaitu lalapan dari berbagai sayur mentah yang juga banyak disukai. Namun tahukah kamu, ternyata ada beberapa makanan yang enggak boleh dimakan mentah, lo. Karena jika sembarang memakan makanan mentah bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Selain itu, tergantung dari jenis maakanan dan lebih baik jika diolah terlebih dahulu. Lalu, apa saja jenis makanan mentah yang enggak boleh dikonsumsi? Yuk, cari tahu di sini!

Baca Juga: Mulai Sekarang Tak Perlu Dimasak, 3 Makanan Ini Lebih Baik Dimakan Mentah

1. Tauge

Tauge atau biasa disebut kecambah ini sering digunakan sebagai hidangan sayur yang lezat. Selain itu, tauge juga biasa dihidangkan menjadi salad sayur yang ternyata, enggak boleh dimakan secara mentah. Hal ini dikarenakan tauge mentah yang mengandung bakteri seperti salmonella, E.coli, dan listeria. Bakteri tersebut akan jadi pemicu penyakit diare, demam dan perut kram. 2. Madu Mengonsumsi madu dalam keadaan mentah ternyata enggak baik untuk kesehatan. Walau kini telah banyak madu yang dijual di pasaran, ternyata kandungan grayanotoxinnya berbahaya bagi tubuh kita. Madu mentah dapat menyebabkan lemas, mual, hipertensi dan kepala pusing.Baca Juga: 7 Tanda Tubuh Harus Berhenti Konsumsi Makanan Pedas, Salah Satunya Gejala Heartburn

3. Kentang Kentang biasanya diolah dengan digoreng atau direbus sebagai hidangan pendamping. Jika memakannya secara mentah, kentang dapat menimbulkan masalah kesehatan. Rasa pahit dari kentang akan membuat kita kehilangan selera makan dan masih mengandung pati yang resisten. Pati enggak bisa dicerna oleh tubuh sehingga akan menyebabkan gangguan pencernaan. Enggak hanya itu saja, bakteri pada kentang mentah juga dapat mengkontaminasi tubuh. Kentang yang berwarna hijau mengandung racun solanin yang bisa menyebabkan mual dan sakit kepala. 4. Kacang Merah Kacang merah memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi jika dimasak hingga matang. Namun jika memakannya secara mentah, yang ada justru dapat mengganggu masalah kesehatan.Baca Juga: Dapat Meledak dan Menghasilkan Racun, Ini 5 Makanan yang Tak Boleh Dihangatkan dalam Microwave

Racun pada kacang merah yaitu Phytohaemagglutinin akan tetap bertahan sampai kacangnya matang. Racun tersebut akan membuat kita jadi muntah dan diare sehingga harus segera dirawat ke dokter. Maka dari itu, masaklah kacang merah hingga benar-benar matang sebelum ingin mengonsumsinya. 5. Susu Susu juga enggak boleh dimakan mentah, Kids. Hal ini dikarenakan terdapat banyak bakteri yang bisa membahayakan tubuh. Jika dibiarkan dalam jangka yang lama, kamu dapat terkena penyakit sindrom guillain bare yang bisa memicu gagal ginjal hingga stroke. Susu pasteurisasi enggak akan mengurangi nutrisi yang ada di dalamnya. Hindarilah mengonsumsi susu mentah agar kita bisa terhindar dari penyakit yang membahayakan. Nah, itulah beberapa jenis makanan yang enggak boleh dimakan dalam kondisi mentah karena dapat memicu masalah kesehatan.

Baca Juga: Selain Berjemur, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Bantu Perkuat Sistem Imunitas Tubuh

----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.