Find Us On Social Media :

Menelusuri Jejak Kuliner Sate, Sajian Ikonik Resep Warisan Nusantara

Ilustrasi seporsi sate ayam.

GridKids.id - Kids, siapa di antara kamu yang suka makan sate, nih?

Sate merupakan kuliner rakyat yang selalu ada dan banyak dinikmati enggak peduli musim atau cuaca.

Banyak orang menggemari sajian sate yang memiliki banyak ragam atau variasi penyajian maupun bahan pembuatan.

Sajian sate yang umum ditemukan di Indonesia dibuat dari daging ayam, kambing, atau sapi, identik disajikan bersama saus kacang dan lontong yang dipotong-potong dengan irisan cabai dan bawang merah, atau berbagai variasi penyajian lainnya sesuai daerah kuliner sate itu berasal.

Namun, seiring perkembangannya semakin banyak sate yang dibuat dengan kreativitas pembuatnya, misalnya sate kerang, sate udang, sate babi, sate kelinci, sate kuda, sate jamur, sate usus, sate hati, sate tahu, sate telur puyuh, dan masih banyak lagi.

Semakin berkembangnya sajian ini, disadari bahwa penamaan sate enggak terpaku pada nama sajian melainkan sudah berupa cara pengolahan atau memasaknya.

Sate merupakan sajian yang dibuat dari daging yang dipotong menjadi bagian-bagian kecil supaya lebih mudah ditusukkan pada tusukan bambu, lalu dibakar di atas bara api dengan menggunakan arang.

Sebelum dibakar, sate akan direndam dengan bumbu rendaman khusus dan akan ditambahkan juga selama proses pembakarannya.

Di Indonesia terkenal berbagai jenis sate yang berasal dari daerah yang berbeda-beda, seperti sate Madura, sate Ponorogo, sate Klathak, dan sate Padang. 

Baca Juga: Bingung Mau Wisata Kuliner Dimana? Cobalah Makan Sate Maranggi Khas Purwakarta, Selalu Ramai Pengunjung!

Sejarah Sajian Sate