Find Us On Social Media :

7 Khasiat Konsumsi Jeruk Purut untuk Kesehatan, Dari Tingkatkan Imunitas Hingga Menyehatkan Sendi

Beberapa butir jeruk purut lengkap dengan daunnya.

GridKids.id - Kids, salah satu jenis jeruk yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan adalah jeruk purut.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Citrus hystrix ini memiliki berbagai kandungan nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk purut adalah air, serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, kolin, vitamin B6, dan vitamin C.

Bentuknya bulat, kecil, berwarna hijau tua, dan memiliki kulit yang cukup tebal dan kasar sering juga disebut sebagai jeruk limau atau kaffir lime.

Tak hanya mengandung beragam kandungan nutrisi, jeruk purut juga mengandung beragam senyawa bioaktif seperti alkolids, limonene, nerol dan citronellol yang bersifat sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antibakteri yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Inilah yang membuat ekstrak jeruk purut banyak digunakan sebagai bahan herbal untuk pembuatan sabun, shampoo, produk kosmetik, hingga parfum.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang beberapa khasiat konsumsi jeruk purut untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Menyehatkan pencernaan

Kandungan senyawa bioaktif seperti limonene, nerol, dan citronellol dalam jeruk purut memiliki sifat antiinflamasi yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung hingga sembelit.

Baca Juga: Tak Hanya Jadi Penyedap Masakan, Inilah 6 Khasiat Konsumsi Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan

Selain itu, kandungan serat dalam jeruk purut juga bisa membantu mengontrol gerakan usus sehingga akan mengurangi risiko sembelit atau diare.

2. Meningkatkan sistem imun