Find Us On Social Media :

Makanan Sejuta Umat, Begini Sejarah Sajian Bakso yang Populer di Indonesia

Sejarah bakso

GridKids.id - Kids, di musim hujan seperti akhir-akhir ini biasanya kamu merasa ingin makan sesuatu yang hangat?

Salah satu jenis makanan yang biasanya dicari orang ketika cuaca sedang dingin adalah semangkuk bakso.

Sajian ini bisa dibilang sebagai makanan sejuta umat karena sangat mudah ditemukan di setiap sudut kota dan cita rasanya hampir bisa diterima semua orang.

Tiap orang menikmati semangkuk baksonya dengan cara yang berbeda-beda, beberapa menyukai baksonya dicampur dengan berbagai bahan pelengkap.

Namun, ada juga penikmat bakso yang lebih suka menikmati bakso dengan kuah yang bening tanpa ditambah apapun. Bagaimanapun sajian ini tetap menempati tempat yang spesial di hati masyarakat Indonesia.

Tapi, tahukah kamu bahwa sajian bakso yang sangat familiar ini ternyata gabungan dari budaya kuliner Nusantara dan Tionghoa?

Yuk, cari tahu seperti apa asal-mula dari sajian yang banyak digemari masyarakat Indonesia ini dalam uraian cerita di bawah ini.

Sejarah Sajian Bakso

Sajian bakso sudah dikenal sejak Dinasti Ming (1368-1644 M) di Cina, pertama kali dibuat oleh seorang anak bernama Meng Bo yang tinggal bersama ibunya di daerah Fuzho, Cina.

Baca Juga: Sejarah Wonton, Sup Berkuah Asal Tiongkok yang Menginspirasi Sajian Pangsit Goreng

Meng Bo yang ketika itu mengetahui bahwa sang ibu sangat menyukai daging namun sudah terlalu tua untuk mengunyah makanan kesukaannya itu, memutar otak untuk membuatkan makanan kesukaan yang disenangi sang ibu.