Find Us On Social Media :

Mengenal Social Anxiety Disorder, Kondisi Kecemasan Berlebih saat Berada di Situasi Tertentu

Potret gejala pusing yang dialami oleh orang yang memiliki fobia sosial.

GridKids.id - Kids, apakah ada di antara kamu yang sering merasa takut ketika harus tampil atau bersuara di depan orang lain?

Dalam dunia medis, jika ada orang yang memiliki ketakutan berlebihan ketika harus berada di situasi sosial tertentu, bisa jadi orang tersebut mengalami apa yang dinamakan dengan fobia sosial atau social anxiety disorder, nih.

Gangguan kecemasan sosial ini berasal dari perasaan taku mendapatkan penilaian buruk, dianggap remeh atau enggak diterima oleh orang lain.

Biasanya orang-orang yang mengalaminya merasa takut ketika diamati atau dinilai, karena merasa bisa mempermalukan dirinya sendiri di depan umum.

Kondisi gangguan mental ini disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya, di antaranya bisa karena faktor keturunan, faktor lingkungan, hingga faktor struktur otak bawaan seseorang.

Gejala umum

Berikut adalah beberapa gejala umum dan gejala fisik yang dialami oleh orang-orang yang mengalami fobia sosial (social anxiety disorder), di antaranya:

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Apa Perbedaan Fobia dan Rasa Takut? #AkuBacaAkuTahu

Gejala fisik

Gejala fisik yang muncul pada orang-orang yang mengalami fobia sosial, seperti napas enggak beraturan, gemetaran, sulit mengendalikan diri, sakit perut.

Selain itu, akan muncul juga perasaan mual ingin muntah, wajah memerah (blushing), hingga merasa pusing atau perasaan ingin pingsan