Find Us On Social Media :

Ketahui Sejak Dini, 4 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Dapat Merusak Saraf

Ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak sistem saraf yang perlu diketahui sejak dini.

 

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak sistem saraf kita jika enggak dijaga dengan baik.

Maka dari itu, penting untuk kita menghindari beberapa kebiasaan buruk agar sistem saraf bisa bekerja dengan optimal dan sehat. Seperti yang kita tahu bahwa sistem saraf merupakan jaringan yang mengatur dan menyalurkan dorongan dari dan ke organ tubuh lainnya. Ada beberapa gejala yang muncul seperti neuropati yang ditandai dengan kelemahan dan mati rasa. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak sistem saraf yang harus diketahui sejak dini, yaitu: 1. Makan terlalu berlebihan

Makan terlalu berlebihan juga bisa memicu kadar gula darah tinggi dan diabetes. Orang yang mengalami diabtes biasanya juga akan mengalami gangguan saraf yang dikenal sebagai deoropati diabetik. Adapun gangguan saraf lainnya seperti neuropati perifal yang sangat umum dijumpai pada orang yang memiliki kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi hingga kelebihan berat badan.Baca Juga: Tak Disangka, Rutin Konsumsi Rebusan Asam Jawa Ternyata Punya Banyak Manfaat Kesehatan

2. Kurang mengonsumsi sayur dan buah

Kurang mengonsumsi sayur dan buah ternyata juga bisa menyebabkan kita kekurangan vitamin dan mineral. Hal ini juga dapat menyebabkan sistem saraf kita jadi rusak. Salah satu vitamin yang dibutuhkan adalah B12 yang mana sangat berperan penting setiap metabolisme di setiap sel. Nah, kekurangan vitamin ini juga dikaitkan dengan neuropati. 3. Berlebihan menggunakan anggota gerak Terlalu berlebihan saat menggunakan anggota gerak pada tubuh ternyata juga bisa menganggu cara kerja saraf. Misalnya berlebihan saat menggunakan jari, siku atau lutut yang juga menyebabkan kerusakan pada saraf. Berilah jeda sejenak agar enggak menyebabkan kerusakan pada saraf.

Baca Juga: Mengenal Amigdala, Bagian Kecil Sistem Otak yang Merespons Rasa Takut

4. Paparan bahan kimia Paparan bahan kimia tertentu dalam jangka waktu yang lama seperti di tempat kerja juga terkait dengan gangguan saraf neuropati perferal. Ada beberapa bahan kimia yang dimaksudkan adalah merkuri, timbal, arsenik dan talium. Kids, itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak saraf dan perlu dihindari untuk mencegah penyakit yang enggak diinginkan.

Baca Juga: Wajib Diwaspadai, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin E, Sudah Tahu? 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.