Find Us On Social Media :

Jawaban Pertanyaan Berdasarkan Teks Bacaan "Peristiwa Perlawanan Terhadap Portugis", Kelas 5 SD Tema 7

Gereja St. Paul di Malaka yang dibangun pada 1521. Gedung ini merupakan gedung tertua di Malaysia dan Asia Tenggara.

GridKids.id - Kids, kali ini kamu akan diajak untuk memahami teks bacaan tentang perlawanan rakyat Nusantara terhadap kehadiran bangsa Portugis pada buku tematik kelas 5 SD Tema 7, halaman 34.

Sebelum bangsa Eropa datang ke wilayah Nusantara, ketika itu masyarakat hidup dengan tenteram di bawah kekuasaan raja-raja.

Kedatangan bangsa-bangsa Eropa awalnya disambut dengan baik oleh pihak kerajaan dan rakyat nusantara, seperti yang sudah dilakukan selama ini kepada para pendatang yang datang ke wilayah nusantara.

Namun, semakin lama, rakyat yang mulai mengetahui tujuan dari bangsa Eropa yang ingin menguasai perdagangan dengan memonopoli urusan-urusan internal kerajaan, akhirnya melakukan perlawanan.

Baca Juga: Latar Belakang Kedatangan Portugis di Indonesia yang Merupakan Penjajah Pertama di Nusantara

Perlawanan-perlawanan ini menunjukkan bahwa rakyat ingin menjaga kedaulatan dan enggak mentoleransi bangsa pendatang yang turut campur dalam ranah yang bukan bagiannya.

Selanjutnya kamu diminta untuk menjawab pertanyaan di halaman 35, berdasar teks bacaan "Peristiwa Perlawanan Terhadap Portugis", di buku tematik kelas 5 SD Tema 7 halaman 34.