Find Us On Social Media :

Belum Selesai dengan Virus Corona, Negara Ini Harus Hadapi Wabah Lain yang Enggak Kalah Ganas

Ilustrasi penanganan wabah virus.

GridKids.id - Virus corona Covid-19 pertama kali muncul di tahun 2019. Sampai sekarang, virus ini masih terus menyebar di berbagai negara.

Meski ada beberapa negara yang dinilai sudah terbebas dari Covid-19, beberapa negara lain masih ada yang harus berjuang melawan pandemi ini.

Bahkan, sejumlah negara sekarang sedang menghadapi virus corona gelombang kedua. 

Namun belum lama setelah mulai bisa mengendalikan gelombang kedua virus corona, Singapura sekarang dihadapkan pada wabah lainnya, yaitu demam berdarah dengue (DBD).

Kasus Demam Berdarah

Menurut Badan Lingkungan Nasional Singapura (NEA) lebih dari 14.000 kasus DBD sudah dilaporkan di negara ini sejak awal tahun 2020.

Sementara itu, jumlah keseluruhan kasus sepanjang tahun 2020 diperkirakan akan melebihi rekor wabah demam berdarah terbanyak dalam sejarah Singapura, yaitu 22.170 kasus pada 2013.

DBD adalah infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes, nyamuk yang juga jadi penyebar zika, chikungunya, dan demam kuning.

Nyamuk ini umumnya ditemukan di daerah tropis dan subtropis yang panas dan lembap selama musim hujan.

Hanya sekitar 25 persen dari mereka yang terinfeksi menunjukkan gejala, yang meliputi demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri otot dan sendi.

Kasus ekstrem bisa menyebabkan pendarahan, kesulitan bernapas, kegagalan organ, dan berpotensi kematian.

Baca Juga: Update Virus Corona di Asia Tenggara: Singapura Naikkan Status Jadi Oranye, Indonesia Masih Nol