Find Us On Social Media :

Pantas Kasus Semakin Melonjak, Ternyata Orang Tanpa Gejala Jadi Penyebar Terbesar, Berapa Lama Bisa Menularkan ke Orang Lain?

Orang Tanpa Gejala (OTG), kategori baru terkait wabah virus corona.

GridKids.id - Virus corona Covid-19 masih membuat resah seluruh dunia, Kids.

Salah satu penyebabnya adalah penyebarannya yang sangat cepat.

Bukan cuma itu saja, gejala-gejala yang ditunjukkan juga enggak selalu sama.

Bahkan, orang tanpa gejala juga bisa positif terkena Covid-19 dan menularkannya pada orang lain.

"Orang harus waspada untuk menghindari kontak dekat dengan orang lain dan enggak berasumsi kalau cuma karena enggak merasakan sakit, bukan berarti kamu enggak membawa virus. Kita harus sangat agresif dengan tindakan isolasi mandiri," kata Gluckman, dokter penyakit menular Penn Medicine dan Direktur Medis Penn Global Medicine di Pennsylvania.

Ditemukannya penderita tanpa gejala atau sering disebut asimptomatik, membuat keberadaannya enggak terdeteksi, sementara mereka merupakan pembawa (carrier) virus corona.

"Ketika kita mendapatkan infeksi, seringkali ada spektrum dari kategori sangat sakit ke sakit sedang, sampai enggak sakit sama sekali," ujar Gluckman.

Meski belum diketahui berapa banyak orang yang merupakan pembawa virus tanpa gejala, hal terbaik yang bisa dilakukan saat ini adalah mengikuti rekomendasi untuk mencegah penularan virus corona.

Lalu, berapa lama pembawa virus corona tanpa gejala ini bisa menularkan kepada orang lain, ya?

Baca Juga: Mengerikan, Tanpa Sadar Kita Bisa Terjangkit Virus Corona dan Bisa Menularkan Sekitar, Lakukan Hal Ini Agar Tak Tertular