Find Us On Social Media :

Berbeda dengan Indonesia, Inilah Cara Negara Lain Tangani Virus Corona

Staf medis menangani virus corona (ilustrasi).

GridKids.id - Kasus virus corona semakin meluas, hingga saat ini 75 negara termasuk Indonesia mengonfirmasi terjangkit virus tersebut. 

Presiden Joko Widodo pun sudah mengumumkan secara resmi adanya dua warga Indonesia yang terjangkit virus corona Covid-19 di Indonesia.

Mewabahnya virus corona membuat 93.158 kasus yang telah dikonfirmasi, di mana ada 3.198 kasus kematian. Sementara, sebanyak 50.690 pasien telah dinyatakan sembuh. 

Virus ini cukup menjadi perhatian penting bagi pemerintah, Kids. Pastinya setiap negara mempunyai cara sendiri untuk menangani ataupun mencegah penyebaran Covid-19 semakin meluas. 

Dilansir Kompas.com, berikut adalah langkah beberapa negara dalam menghadapi virus corona Covid-19 di negaranya:

1.China

Virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan, China. Setelah itu, virus ini pun semakin menyebar.

Enggak hanya diam, pemerintah China pun melakukan isolasi di Kota Wuhan yang merupakan ibu kota Provinsi Hubei, bahkan kota tersebut sempat sepi dan enggak ada aktivitas.

Saat kasus terus bertambah dan semakin meluas, pemerintah kemudian memutuskan untuk mengisolasi kota-kota lain di Provinsi Hubei.

Melihat jumlah pasien yang terus bertambah, China pun membangun dua rumah sakit khusus untuk menangani virus corona, yaitu RS Huoshenshan dan RS Leishenshan. 

Pada 28 Februari, Wuhan juga membangun 16 rumah sakit sementara untuk penanganan virus corona, Kids. Pembangunan rumah sakit tersebut sangat cepat lho, Kids.

Selain itu, digunakan pula sejumlah teknologi untuk menghadapi dan menangani wabah virus yang terjadi, di antaranya adalah kode, drone, perawatan e-medis, hingga perawat robot dan diagnosis AI.

Terbaru, sejumlah pasien dilaporkan sembuh lho, dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit. 

Karena hal tersebut, Otoritas Kota Wuhan di China melaporkan penutupan salah satu dari 16 RS darurat yang telah dibangun untuk menangani pasien Covid-19.

Baca Juga: Selain Pakai Masker dan Cuci Tangan, Hal Ini Juga Ampuh Cegah Virus Corona