GridKids.id - Hai, Kids, kali ini kamu akan diajak praktik bersama materi Pendidikan Pancasila kelas 5 SD, nih.
Kamu sudah belajar bersama berbagai contoh perilaku teladan Pancasila dalam keseharian kita.
Kali ini kamu akan diajak Praktik Berpancasila dengan membuat bersama-sama Kartu Pancasila seperti di Buku Pendidikan Pancasila untuk SD/MI kelas 5 SD hlm. 27-29.
Yuk, simak cara pembuatan kartu pancasilanya di bawah ini, Kids.
Petunjuk Cara Membuat Kartu Pancasila
1. Siapkan kertas karton, gunting, lem, spidol, dan lain sebagainya.
2. Buat kartonnya menyerupai bentuk buku catatan dengan empat sisi.
3. Sisi pertama, berfungsi sebagai cover kartu Pancasila.
4. Sisi kedua, isi dengan refleksi perilaku positif yang sudah dilakukan sesuai dengan nilai Pancasila.
5. Sisi ketiga, buat tabel berisi refleksi perilaku yang bertentangan dengan nilai Pancasila.
6. Sisi keempat, buat komitmen perilaku apa saja yang akan kalian lakukan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Baca Juga: Penerapan Pancasila sebagai Pedoman Kebangsaan, Pendidikan Pancasila Kelas 5 SD
Inspirasi untuk Mengisi Kartu Pancasila
1. Sisi Kedua
Saya menjalankan ibadah sesuai agama dan keyakinan saya. Tak hanya menjalankan ibadah saya juga menjauhkan diri saya dari larangan-larangan agama.
Saya menghormati apabila ada yang berbeda agama, keyakinan, atau pandangan hidup dengan saya.
Saya tahu setiap orang punya sudut pandangnya sendiri, tugas saya tetap pada pendirian saya tapi enggak lupa menghormati orang lain.
Saya berteman tanpa pilih-pilih teman, mau yang berbeda agama, ras, suku, semua harus membaur dengan rukun dan tanpa prasangka.
Dalam berbagai kesempatan saya mencoba terlibat dalam musyawarah untuk memutuskan sesuatu hal.
Saya akan mengemukakan pendapat dengan sopan dan mendengarkan pendapat orang lain juga.
Jika pada akhirnya apa yang saya usulan diterima saya enggak akan jumawa dan sombong, sebaliknya jika pendapat orang lain yang diterima saya akan berlapang dada menjalani hasil keputusan bersama.
Saya selalu percaya jika saya mampu maka saya harus berinisiatif menolong siapa pun yang lebih membutuhkan, misalnya ketika saya ada di angkutan umum.
Saya akan memberikan kursi saya ketika ada orang tua yang naik ke angkutan dan membutuhkannya tanpa diminta.
Baca Juga: Menyimak Teks tentang Nilai Musyawarah, Pendidikan Pancasila Kelas 3 SD
2. Sisi Ketiga
Sila Pancasila | Perilaku yang Bertentangan dengan Nilai Pancasila |
Sila ke-1 | Menghina ritual dan kepercayaan penganut agama lain |
Sila ke-1 | Melarang pembangunan rumah ibadah agama tertentu |
Sila ke-2 | Mengabaikan pendapat yang disampaikan orang lain |
Sila ke-2 | Bersikap cuek dan tidak ramah pada orang sekitar |
Sila ke-3 | Menghina bangsa sendiri dan tidak bangga atas prestasi anak bangsa |
Sila ke-3 | Egois dan mementingkan diri sendiri |
Sila ke-4 | Tidak menerima hasil musyawarah yang disepakati bersama |
Sila ke-5 | Membuat keonaran dengan merusak fasilitas umum |
Sila ke-5 | Tidak melaksanakan tugas piket kelas |
Baca Juga: Mencari Kosa Kata tentang Perilaku yang Mencerminkan Pancasila, Pendidikan Pancasila Kelas 3 SD
3. Sisi Keempat
Saya berkomitmen akan senantiasa berusaha menerapkan nilai-nilai teladan Pancasila dalam kehidupan saya, seperti:
- Berbaur dengan orang lain dengan rukun dan menghargai pendapat satu sama lain
- Mengerjakan pekerjaan atau tugas dengan jujur dan sebaik-baiknya
- Menghargai perbedaan pendapat yang ada dalam keseharian karena itu adalah hal yang wajar
- Berusaha membantu orang lain yang membutuhkan selagi saya mampu
- Bekerja sama untuk mencapai kepentingan dan tujuan bersama
Pertanyaan: |
Kenapa Pancasila patut diteladani dalam keseharian kita? |
Petunjuk, cek lagi halaman 2. |
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia |
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar