GridKids.id - Kids, kita akan membahas materi Bahasa Indonesia Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI Kurikulum Merdeka, Bab 4.
Pada buku tersebut tersaji materi Menulis Puisi Berdasarkan Cerpen.
Di halaman 111, terdapat Kegiatan 2, Membaca cerpen Kompas Minggu "'Hatarakibachi" karya Awit Radiani.
Pada akhir cerpen tersebut, ada beberapa pertanyaan yang harus kalian jawab.
Nah, kali ini GridKids akan mengajak kalian menjawab pertanyaan nomor 2, ya.
Yuk, langsung saja kita simak jawaban soal dari pertanyaan nomor 2!
Kegiatan 3
Untuk lebih memahami tokoh, penokohan, tema, dan pesan dalam cerpen di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
2. Temukan tokoh utama dan tokoh pendukung dalam cerpen di atas.
Baca Juga: Jawaban Bahasa Indonesia ''Wayang Potehi: Cinta yang Pupus'': Identifikasi Tokoh dan Perwatakan
Kemudian, jelaskan mengenai tokoh dan penokohannya dalam tabel berikut.
1. Tokoh: Nina
Penokohan: Tokoh utama.
Seniman muda asal Indonesia yang memiliki sifat penyayang, baik, ramah terhadap orang lain, suka bercanda, dan pintar.
2. Tokoh: Satoshi
Penokohan: Tokoh pendukung.
Orang Jepang yang memiliki sifat baik, giat bekerja, tetapi mudah dipengaruhi.
3. Tokoh: Endo
Penokohan: Tokoh pendukung.
Orang jepang yang bekerja sebagai perupa dan menderita asperger syndrome.
Aspeger syndrome ialah penyakit yang senang menyendiri dan suka melakukan hal eksentrik.
Baca Juga: Jawaban Bahasa Indonesia Bab 5 Halaman 131, Kegiatan 1 No.9-10 ''Sekadar Imajinasi''
Endo merupakan sosok yang baik, giat berkerja, dan juga pintar.
Sosok ini juga seseorang yang terobsesi dengan serangga.
Itulah pembahasan jawaban soal no.2 cerpen “Hatarakibachi” karya Awit Radiani ya, Kids!
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Andy Nugroho |
Editor | : | Grid Kids |
Komentar