GridKids.id - Kids, apakah tahu istilah komersialisasi budaya?
Komersialisasi berkaitan dengan adat istiadat dan kesenian. Komersialisasi merujuk pada proses di mana unsur-unsur budaya, seperti seni, tradisi, atau nilai-nilai masyarakat, diintegrasikan ke dalam bisnis atau industri komersial.
Komersialisasi adalah suatu bentuk pemasaran kebudayaan yang disesuaikan dengan waktu dan daya beli wisatawan.
Dalam komersialisasi, budaya tradisional yang mengakar kuat dalam masyarakat, tak disajikan sedemikian rupa, melainkan diadaptasi dan disesuaikan dengan wisatawan.
Tujuan dari komersialisasi adalah mendapatkan keuntungan finansial.
Ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk pemasaran, produksi konten media, produk konsumen, dan layanan hiburan.
Maka dapat disimpulkan, komersialisasi budaya adalah penyajian budaya yang tak bergantung pada aspek tradisionalnya, melainkan pada aspek wisatawannya.
Contoh Komersialisasi Budaya
Beberapa contoh komersialisasi budaya melibatkan penggunaan elemen-elemen budaya dalam iklan, branding, atau desain produk untuk menarik konsumen.
Berikut adalah beberapa contoh komersialisasi budaya:
1. Pakaian Tradisional dalam Mode
Baca Juga: Bentuk Kolaborasi Budaya di Indonesia: Pengertian, Dampak dan Contohnya
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar