GridKids.id - Dalam buku Kurikulum Merdeka, Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI, Bab 1, halaman 6, terdapat materi teks argumentasi.
Pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kelas XI, halaman 6 terdapat teks "Ketahanan Pangan Lokal".
Setelah membaca teks tersebut kita diminta untuk menjawab beberapa soal, Kids.
Sekarang kita jawab soal dari teks "Ketahanan Pangan Lokal", yuk!
Soal dan Jawaban Ketahanan Pangan Lokal
Setelah kalian membaca teks di atas, buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa. Setelah itu, diskusikan dan jawablah pertanyaan di bawah ini.
1. Pada teks di atas terdapat beberapa kosakata yang perlu dipahami artinya. Temukan arti kosakata berikut ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kemudian gunakan kosakata tersebut untuk menyusun kalimat baru yang berbeda dengan yang ada di dalam teks. Kalian bisa menggunakan tautan (link) berikut untuk menemukan arti kata-kata tersebut: https://kbbi.kemdikbud.go.id
a. basis, artinya dasar.
b. komoditas, artinya barang dagangan utama.
c. replikasi, artinya kemampuan virus membelah diri
d. rasional, artinya sesuai kenyataan.
Baca Juga: 3 Cara Menyimpulkan Isi Teks Nonfiksi dan Contohnya
e. adaptasi, artinya menyesuaikan diri.
f. inisiatif, artinya membuat kreatifitas.
g. hayati, artinya mengenai hidup.
2. Salah satu produk pangan lokal yang ada di wilayah Indonesia Timur adalah sagu.
Mengapa sagu merupakan produk pangan lokal yang sangat menjanjikan pada masa mendatang?
Jawaban: Sagu menjadi salah satu produk pangan lokal yang menjanjikan pada masa mendatang.
Indonesia memiliki hutan sagu terluas di dunia yang terletak di wilayah Papua dan Papua Barat.
3. Apa saja upaya yang dilakukan untuk mengangkat jenis produk pangan sagu agar bisa diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat?
Jawaban: Upaya yang dilakukan untuk mengangkat jenis produk pangan sagu agar bisa diterima dan dikonsumsi oleh masyarakat dengan membangun kelompok kampung penghasil sagu.
Salah satunya caranya dengan memperkenalkan teknologi pemanenan dan pengolahan sagu menjadi tepung menggunakan alat buatan I Made Budi, pengajar di Universitas Cenderawasih
Selain itu, penting untuk melakukan pengembangan produk pangan sagu agar dapat diterima dengan masyarakat.
Baca Juga: Pengertian dan Ciri Teks Argumentasi, Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA
4. Mengapa sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan? Jelaskan disertai bukti!
Jawaban: Hal ini karena sumber pangan lokal lebih ramah lingkungan dan diolah secara lokal juga oleh penduduk setempat.
Selain itu, pangan lokal enggak diolah oleh industri yang kebanyakan menghasilkan zat karbon.
5. Jika sagu adalah sumber pangan lokal di daerah Indonesia Timur seperti Papua dan Maluku, adakah sumber pangan lokal yang berasal dari daerahmu?
Jelaskan bagaimana potensi sumber pangan lokal yang berasal dari daerah kalian tersebut dalam minimal delapan kalimat.
Jawaban: Saya tinggal di Bogor, Jawa Barat. Salah satu potensi pangan lokal di daerah saya adalah talas.
Talas merupakan tanaman pangan yang masuk suku talas-talasan (Araceae).
Selain itu, talas dapat dijadikan berbagai macam makanan olahan, Kids.
Itulah pembahasan soal berdasarkan teks argumentasi dalam buku Bahasa Indonesia kelas XI.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Regina Pasys |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar