GridKids.id - Kids, kita sudah mempelajari literasi digital. Sebagaimana yang sudah kita bahas literasi digital adalah pemanfaatan sarana digital untuk kehidupan sehari-hari mulai dari mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet, hingga memanfaatkan aplikasi bertukar pesan untuk terkoneksi dengan orang lain secara online.
Dengan kemampuan literasi digital kita dapat mencari segala macam informasi yang dibutuhkan melalui dunia digital seperti materi pelajaran, artikel penelitian, dan informasi lainnya.
Nah, setelah mengerti tentang literai digital kita akan menjawab berbagai pertanyaan uji kompetensi pada buku PPKN kelas 8 halaman 135 dan 136.
Sebelum melihat kunci jawaban alangkah baiknya, Kids, mengerjakan soal secara mandiri dan setelah itu mencocokkan dengan kunci jawaban pada artikel tersebut.
Uji Kompetensi
Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.
1. Ita memperoleh sebuah informasi dan membagikannya ke whatsapp group.
Nina merasa informasi yang dibagikan Ita meragukan.
Kemudian, Nina melakukan telusur informasi untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.
Nina menyimpulkan bahwa informasi yang dibagikan Ita tidak valid.
Namun, Ita bersikeras bahwa informasi yang dibagikannya valid. Ita menunjukkan sumber internet informasi tersebut.
Baca Juga: Materi PPKN Kelas 8 : Komponen-Komponen Literasi Digital dan Contohnya
Bagaimana pendapat kalian tentang perbedaan pendapat antara Ita dan Nina dalam menilai validitas informasi?
Apa solusi yang bisa kalian tawarkan, terutama untuk menentukan secara objektif validitas informasi yang dibagikan Ita?
Jawaban:
Perbedaan pendapat sebenarnya hal yang wajar, sama halnya seperti antara Ita dan Nina seringkali terjadi di era saat ini di mana informasi lebih cepat tersebar lewat media sosial.
Hal tersebut juga memudahkan orang-orang membagikan informasi tersebut secara cepat, padahal informasi yang didapatkan tersebut belum tentu benar dan akurat
Solusinya, Nina dapat memberikan saran kepada Ita agar lebih berhati-hati dalam menyebarkan informasi yang didapat, serta mencari tahu kebenaran berita tersebut lewat berbagai sumber.
Hal ini juga bertujuan agar masyarakat Indonesia tak mudah terpancing sesuatu yang belum tentu benar.
2. Edo mengajukan sebuah pertanyaan dalam whatsapp grup yang diikutinya. Namun, hanya ada dua orang yang menanggapi.
Dan itupun jawabannya kurang tepat menurut Edo. Sementara anggota yang lain tidak ada yang berkomentar.
Menurut analisis kalian, mengapa pertanyaan dari Edo tidak ada yang menanggapi? Bagaimana sebaiknya sikap Edo terhadap dua komentar yang ada?
Jawaban:
Baca Juga: Materi PPKN Kelas 8: Manfaat dan Level-Level Literasi Digital
Menurut pendapat saya, mungkin anggota grup lainnya tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan Edo atau memiliki jawaban yang sama dari dua teman Edo tersebut sehingga tidak menjawab lagi pertanyaan Edo.
Tak lupa, Edo berterima kasih atas respons dari kedua temannya tersebut.
Namun, jika dirasa belum puas dengan jawaban tersebut, Edo bisa mengajukan pertanyaan pribadi kepada teman yang dirasa berkompeten untuk menjawab pertanyaannya itu.
3. Sekolah kalian mengalami kesulitan untuk menyajikan secara real time data kehadiran siswa.
Selama ini, absensi siswa dilakukan secara manual, sehingga harus direkap terlebih dahulu setiap akhir bulan.
Menurut kalian, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan sekolah? Inovasi digital apa yang bisa ditawarkan untuk mengatasi persoalan tersebut?
Jawaban:
Akan lebih efisien jika pihak sekolah membuat absen dengan menggunakan sidik jari.
Penggunaan metode sidik jari ini terbilang cukup efektif untuk merekap absen secara langsung.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar