GridKids.id - Kids, kita telah mempelajari tentang Jati Diri dan Budaya Nasional dalam materi PPKN kurikulum merdeka kelas 8.
Sebagaimana sudah kita ketahui, kebudayaan nasional yang terbentuk dari nilai-nilai yang tumbuh dalam masyarakat Indonesia inilah yang membentuk identitas jati.
Identitas nasional adalah ciri khas yang menjadi penanda suatu bangsa tentang dirinya.
Identitas nasional juga bisa dikatakan jati diri dari sebuah bangsa.
Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.
Baca Juga: PPKN Kelas 8 : 5 Alat Pemersatu Bangsa Mulai dari Semboyan Bhinneka
1. Pada sebuah sekolah, terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Secara umum ada seni tari dan seni bela diri.
Tari Tango asal Argentina ternyata lebih menarik para siswi untuk mendaftar, sementara pendaftar Tari Saman asal Aceh relatif sepi pendaftar.
Sementara, pada seni bela diri, ekstrakurikuler karate lebih digemari daripada pencak silat merpati putih.
Bagaimana pendapat kalian terhadap fenomena di atas? Apa solusi yang kalian tawarkan agar budaya lebih banyak diminati oleh siswa dan siswi di sekolah tersebut?
Jawaban
Dalam hal in para siswa kurang dibekali tentang pentingnya budaya nasional.
Karena itu, mereka lebih memilih budaya asing yang tampak menarik dan lebih menjanjikan di masa depan.
Padahal, tari saman dan pencak silang merupakan aset budaya bangsa yang perlu dilestarikan, yaitu salah satunya melalui para pemuda Indonesia.
Solusinya, pihak sekolah, pemerintah, dan orang tua haris mendiskusikan bagaimana cara mengenalkan budaya nasional kita kepada anak muda agar lebih mencintai dan melestarikannya.
2. Ada seorang pelajar yang lolos program pertukaran budaya ke Korea Selatan. Pelajar ini memang sangat menggemari budaya Korea Selatan.
Namun, pada sisi lain, ia kurang mengenali budaya nasional, bahkan budaya lokal asal daerahnya.
Baca Juga: Materi PPKN Kelas 8: Cara Melestarikan Budaya Agar Tidak Hilang
Menurut kalian, bagaimana sebaiknya sikap pelajar ini? Apakah pelajar ini sebaiknya membatalkan program pertukaran budaya tersebut dan mengenali terlebih dahulu budaya nasional atau seperti apa?
Jawaban
Siswa sebenarnya boleh mengikuti program pertukaran budaya ke Korea asalkan dia juga mempelajari budaya nasional.
Jadi di sana, dia pun dapat mengenalkannya kepada warga Korea agar budaya nasional menjadi populer dan disenangi semua orang.
3. Banyak budaya nasional dan kearifan lokal yang terancam punah, seperti Gambang Semarangan, Terebang Gede, dan Nataki. Padahal, budaya nasional tersebut bisa jadi destinasi wisata menarik.
Jika kalian menjadi menteri pariwisata, apa yang kalian rencanakan dan programkan untuk memajukan budaya nasional?
Jawaban
Jika saya menjadi menteri pariwisata, hal pertama yang saya lakukan adalah:
Dari tingkat bawah itu, pemerintah akan menindaklanjuti setiap program atau budaya nasional serta memperbaiki kendala tersebut dengan melibatkan tokoh budaya itu.
Sehingga budaya nasional akan lebih mudah dikenal masyarakat luas hingga mancanegara melalui promosi daring dan luring di berbagai media.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | kemendikbud.go.id |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar