GridKids.id - Salah satu kunci sukses memulai usaha adalah adanya kemampuan menuangkan ide-ide atau gagasan kreatif dan inovatif. Hal tersebut bisa dituangkan dalam rencana bisnis.
Perencanaan usaha atau bisnis, umumnya mengenai apa yang dikerjakan dalam suatu bisnis ke depannya.
Perencanaan usaha yang matang dapat mendatangkan keuntungan maksimal bagi pelaku usaha. Sementara perencanaan usaha yang keliru justru dapat membuat pelaku usaha rugi.
Lalu bagaimana tahap perencanaan usaha yang tepat ? Simak penjelasannya.
Perencanaan usaha adalah proses penentuan visi, misi, hingga strategi yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha tertentu.
Dilansir dari buku Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (2016) oleh Suryanto, beberapa pengertian dari business plan atau rencana bisnis, sebagai berikut:
Robbins dan Coulter
Perencanaan usaha merupakan dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan atau pengusaha untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha yang terdapat di lingkungan eksternal perusahaan.
Michael Miller
Perencanaan usaha merupakan arahan keberlangsungan aktivitas perusahaan, yang meliputi deskripsi tujuan dan cara pencapaiannya.
Brian R Ford
Baca Juga: Pengertian Manajemen Usaha dan Fungsinya, Materi Ekonomi Kelas 11
Perencanaan usaha adalah suatu dokumen yang dirancang untuk merencanakan jalannya perusahaan dalam periode tertentu.
Bisa disimpulkan perencanaan usaha adalah proses strategi manajemen untuk merencanakan aturan program, kebijakan, prosedur, aturan hingga anggaran agar mencapai target.
Perencanaan usaha pun mencakup sasaran yang akan dicapai, tindakan yang seharusnya dilakukan, bentuk organisasi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut, hingga orang-orang yang akan menjalankan peran dalam kegiatan-kegiatan tersebut.
Selain pengertian ada beberapa tujuan lagi dari perencanaan usaha.
Berikut ini merupakan tujuan perencanaan usaha menurut Hieronymus Budi Santoso.
1. Sebagai Rencana Aksi
Perencanaan usaha bertujuan untuk membantu proses pengambilan tindakan bisnis dengan membagi masalah keseluruhan ke dalam masalah-masalah yang lebih kecil dan telah dikelompokkan sehingga tidak terlalu rumit.
Masalah yang suda dipilih akan lebih mudah dibuatkan pemecahannya secara urut sehingga masalah besar pada akhirnya akan teratasi.
2. Sebagai Peta Jalan atau Road Map
Perencanaan usaha diharapkan dapat bergerak ke arah tujuanya. Dalam mencapai target tentunya ada jalan yang harus dilalui.
Hal itu juga dapat memudahkan perusahaan agar tetap fokus pada ke arah yang diinginkan.
Baca Juga: Konsep dan Pengertian Badan Usaha, Materi Ekonomi Kelas XI SMA
Selain itu perencanaan usaha juga membantu pihak luar untuk memahai visi dan misi uasaha yang dijalankan.
3. Sebagai Alat Penjualan
Terakhir, perencanaan usaha bertujuan menjadi alat bantu penjualan atau sales tool dengan cara meyakinkan investor untuk menempatkan investasinya pada usaha atau bisnis yang dilakukan.
Perencanaan usaha yang jelas akan membuat investor yakin bahwa pelaku usaha akan mengelola investasi dari mereka dengan penuh tanggung jawab hingga menghasilkan keuntungan yang juga akan berdampak pada investor.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | KOMPAS.com |
Penulis | : | Corry Samosir |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar