GridKids.id - Kids, tahukah kamu apa kriteria dari iklan yang efektif?
Hal ini merupakan materi pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP.
Namun sebelum membahas iklan yang efektif, masih ingatkah kamu apa itu pengertian dari iklan?
Iklan adalah sebuah teks persuasif yang berisikan tulisan, gambar, animasi, atau suara.
Tujuan atau fungsi dari iklan adalah untuk memberitahukan suatu hal, baik barang atau layanan jasa, pada masyarakat.
Iklan berfungsi untuk membujuk masyarakat agar membeli atau menggunakan barang serta jasa tersebut.
Iklan bisa ditemukan di media massa, misalnya televisi, radio, surat kabar, dan internet.
Namun, iklan juga bisa ditemukan di perkantoran. Biasanya, hal ini diperlukan untuk merekrut karyawan.
Iklan terdiri dari berbagai jenis, yang dibedakan berdasarkan tujuan, sifat, media penyebaran, dan bentuk penyajian.
Agar bisa mencapai tujuannya, iklan harus dibuat dengan efektif.
Lalu, apa kriteria iklan yang efektif, dan bagaimana cara membuat iklan yang baik?
Baca Juga: 10 Contoh Kalimat Persuasif, Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
Iklan yang efektif adalah iklan yang bisa berhasil menarik perhatian konsumen, Kids.
Ada beberapa kriteria atau ciri-ciri iklan yang efektif, yaitu:
1. Baik gambar maupun teks harus sesuai dengan keadaan konsumen yang dituju.
2. Harus sesuai dengan produk yang diiklankan.
3. Teks sedikit, sederhana, dan mudah dimengerti.
4. Memuat gambar yang mencolok.
5. Mengandung informasi yang lengkap, yaitu tentang nama produk, keunggulan produk, dan pembuat produk.
Lalu, bagaimana cara membuat iklan yang baik?
Sebelum membuat iklan, kita harus punya pengetahuan tentang produk serta pihak sasaran produk tersebut, nih.
Pembuat iklan bisa melakukan riset terlebih dahulu agar iklan yang dibuat tepat sasaran.
Nah, inilah 4 langkah untuk membuat iklan yang baik:
Baca Juga: 10 Contoh Kalimat Imperatif, Materi Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP
1. Mencari tahu keunggulan produk
Langkah pertama saat ingin membuat iklan adalah mendaftar keunggulan produk. Dari daftar itu, pilih satu keunggulan yang akan ditampilkan dalam iklan.
2. Menentukan konsumen produk
Setelah itu, tentukan konsumen atau target pasar dari produk yang akan diiklankan. Buatlah iklan sesuai dengan konsumen tersebut.
3. Tentukan unsur-unsur yang ada dalam iklan kalian
Iklan punya 4 unsur, yaitu tulisan, gambar, suara, dan gerak.
Setiap jenis iklan punya unsur yang berbeda. Kalau ingin membuat iklan media cetak, buatlah tulisan dan gambar jadi semenarik mungkin.
4. Menentukan pesan
Setiap iklan mengandung sebuah pesan. Pada iklan media cetak, pesan ditampilkan melalui kata dan gambar.
Oleh karena itu sebelum membuat sebuah iklan, pilih dan tentukan pesan yang akan disampaikan.
Nah, itulah kriteria atau ciri-ciri iklan yang efektif beserta cara membuat iklan yang baik dan benar.
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Danastri Putri |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar