GridKids.id - Kids, kembali lagi ndi artikel Belajar dari Rumah (BDR) bersama GridKids, nih.
Artikel ini merupakan BDR materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Tema 8 tentang Sehatlah Ragaku.
Dalam buku materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD tema 8 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 182-185 terdapat teks bacaan berjudul "Garuk-Garuk".
Sebelumnya kamu sudah diajak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berasal dari teks bacaan yang sudah disimak sebelumnya.
Teks bacaan "Garuk-Garuk" menceritakan tentang anak laki-laki bernama Kidul yang punya kebiasaan susah mandi.
Cerita ini menceritakan Kidul yang mengalami alergi udang setelah makan banyak rempeyek udang rebon atau udang papai yang disediakan di rumah Pahmi.
Kidul disebut enggak suka mandi karena merasa rutinitas mandi sangat membosankan untuk dilakukan setiap hari.
Inilah kenapa Kidul terus mengeluh jika kak Asih, kakaknya, terus menasihatinya untuk pergi mandi.
Nah, kali ini kamu akan diajak untuk melengkapi tabel di buku materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Tema 8 hlm. 186.
Yuk, isi sama-sama tabel dan tulis dengan rapi di buku tulis Bahasa Indonesia kalian, Kids.
Menulis: Perhatikan kembali cerita "Garuk-Garuk" di atas.
Baca Juga: Jawab Pertanyaan Teks 'Garuk-Garuk', Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 8
Perhatikan masalah yang dialami tokoh-tokohnya, setelahnya itu salin dan lengkapi tabel di bawah ini dalam buku tulismu.
Dengan membaca cerita "Garuk-Garuk", kalian belajar mengidentifikasikan masalah yang dialami oleh tokoh cerita.
1. Judul Cerita: Garuk-Garuk
2. Tokoh Utama: Kidul
3. Tokoh Pendukung: Pahmi, Sagoy, Ibu Pahmi, Ibu Kidul, Kak Asih, Dokter Tuti.
4. Hal yang diinginkan atau tidak diinginkan tokoh utama: Kidul ingin terbebas dari omelan Kak Asih yang menyuruhnya mandi.
5. Alasan tokoh menginginkannya: Menurut Kidul kegiatan mandi adalah kegiatan yang membosankan karena urutannya yang itu-itu saja.
6. Tindakan yang dilakukan tokoh untuk mencapai keinginannya: Sering main ke rumah Pahmi.
7. Hal yang membuat tokoh tidak mendapatkan keinginannya: Kidul terkena alergi karena makan rempeyek rebon, sedangkan Kidul punya alergi udang.
8. Apakah tokoh berhasil mencapai keinginannya? Jelaskan: Kidul harus pergi ke dokter karena rasa gatal akibat alerginya makin parah.
Kidul yang merasa mandi adalah kegiatan membosankan diberi nasihat oleh Dokter Tuti untuk rajin mandi.
Karena kebersihan diperlukan untuk mengurangi risiko infeksi bakteri atau kuman ketika alerginya udangnya kambuh tanpa sengaja.
Pertanyaan: |
Apa yang dimaksud dengan tokoh pendukung? Siapa sajakah tokoh pendukung dalam teks bacaan "Garuk-Garuk"? |
Petunjuk, cek lagi page 2. Kamu bisa mencari informasi tambahan tentang tokoh pendukung ya, Kids. |
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Ayu Ma'as |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar