GridKids.id - Apa saja ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak?
Pada artikel ini kita akan mencari tahu mengenai apa saja ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak.
Berdasarkan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas 5 SD tema 9, terdapat materi mengenai iklan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan adalah berita pesanan untuk membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Iklan bertujuan untuk menginformasikan kepada calon pembeli atau konsumen mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.
Iklan bisa ditemui dalam berbagai media, salah satunya media cetak.
Media cetak bisa berupa surat kabar, tabloid, atau majalah ya, Kids.
Iklan media cetak merupakan iklan yang disampaikan menggunakan media cetak, sepeti tabloid, koran, atau majalah.
Untuk mengetahui ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak, yuk, simak informasi di bawah ini ya, Kids!
Baca Juga: Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya, Jawaban Materi Kelas 5 SD Tema 9
Ciri-Ciri Bahasa Iklan di Media Cetak
Iklan memiliki daya jangkauan yang luas dan besar.
Sehingga digunakan sebagai salah satu media untuk mempromosikan atau mengenalkan berbagai barang dan jasa.
Nah, agar informasi yang dimaksudkan bisa diterima oleh calon pembeli atau konsumen, maka iklan menggunakan bahasa tertentu.
Ketika membuat iklan media cetak maka harus memperhatikan penulisan bahasa iklan yang digunakan, Kids.
Berikut ini merupakan ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak, antara lain:
1. Persuasif
Salah satu ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak ialah persuasif.
Iklan bertujuan mengajak konsumen membeli produk yang diiklankan, Kids.
Baca Juga: Jenis-Jenis Iklan Elektronik Berdasarkan Isinya, Jawaban Materi Kelas 5 SD Tema 9
Sehingga iklan media cetak menggunakan bahasa persuasif untuk meyakinkan calon pembeli untuk membeli produk yang diiklankan.
2. Komunikatif
Komunikatif merupakan salah satu ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak. Bahasa iklan di media cetak, yaitu mudah dimengerti atau dipahami.
Iklan pada media cetak memiliki tempat yang terbatas sehingga menggunakan bahasa yang komunikatif.
Hal ini dilakukan agar orang yang membacanya bisa memahani dengan baik mengenai iklan yang ditawarkan.
3. Sugestif
Salah satu ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak adalah sugestif.
Artinya ialah iklan mampu memikat dan membuat calon pembeli memiliki pandangan tertentu pada produk tersebut, Kids.
Kemungkinan besar calon pembeli akan membeli produk yang ditawarkan pada iklan tersebut karena menggunakan kalimat yang memikat, lo.
Baca Juga: Karakteristik Iklan Radio, Televisi, dan Internet, Jawaban Materi Kelas 5 SD Tema 9
4. Informatif
Ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak adalah informatif.
Dilansir dari Bobo.id, informatif diartikan bahwa iklan bisa memberikan informasi kepada pembecaa mengenai produk yang ditawarkan dengan jelas.
Nah, bahasa yang digunakan juga menggunakan pemilihan kata yang padat, enggak terlalu panjang, dan jelas dalam memberikan informasi yang lengkap.
Itulah informasi mengenai ciri-ciri bahasa iklan pada media cetak, materi kelas 5 SD tema 9.
Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan iklan media cetak? |
Petunjuk: Cek di halaman 1. |
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Source | : | Bobo.grid.id,Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 |
Penulis | : | Rizky Amalia |
Editor | : | Danastri Putri |
Komentar