GridKids.id - Zaman sekarang, informasi bisa beredar sangat cepat.
Enggak terkecuali berita enggak benar atau hoaks.
Hal ini sangat berbahaya, Kids, terutama di saat pandemi virus corona Covid-19 seperti sekarang ini.
Dengan adanya hoaks, masyarakat akan salah mengartikan sebuah informasi dan bisa saja menambah kekhawatiran.
Yup! Merebaknya virus corona di Tanah Air membuat akses informasi warga semakin tinggi.
Oleh sebab itu, pemerintah melalui kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), menyediakan sejumlah saluran informasi yang bisa diakses masyarakat.
Fasilitas layanan komunikasi itu memberikan informasi terkini mengenai virus corona yang terjadi di Tanah Air.
Berikut 6 layanan informasi seperti dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika:
1. Situs Resmi
Situs www.covid19.go.id merupakan situs resmi pemerintah yang menyediakan perkembangan informasi virus corona di Indonesia.
Masyarakat dapat mengakses informasi, termasuk cara mengurangi risiko, mencari informasi yang benar, hingga apa yang perlu dilakukan jika sakit.
Per 23 Maret 2020, akses situs bisa diakses gratis tanpa mengurangi kuota internet.
Masyarakat yang mengakses situs tersebut tidak akan dikenakan kuota.
Situs ini dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan Covid-19, yang terdiri dari berbagai elemen seperti pemerintah, Badan PBB (UNICEF, WHO, dan lain-lain), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil dan dunia usaha.
Situs juga memuat data statistik mengenai jumlah kasus positif Covid-19 yang diperbarui secara real-time dan diharapkan menjadi acuan untuk berbagai pihak.
Baca Juga: Hati-Hati Terkena Hoaks! Informasi tentang Virus Corona Ini Makin Ngawur, Cek Faktanya!
Baca Juga: Banyak Hoaks, WHO Kerja Sama dengan TikTok Bikin Video Informasi Virus Corona
2. Kementerian Kesehatan
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memiliki situs pantau corona bernama infeksiemerging.kemkes.go.id.
Situs ini memberikan informasi penyebaran virus corona baik secara global maupun nasional.
3. SMS Blast
Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB) untuk terus menyebarluaskan informasi mengenai pandemi Covid-19 di Tanah Air.
BNPB akan mengirimkan SMS blast melalui operator seluler.
4. Call Center
Selain SMS blast, juga tersedia call center resmi penanganan Covid-19 ke nomor 119.
Lebih lanjut, nomor pelayanan darurat 117 digunakan BNPB yang merupakan layanan bebas pulsa atau gratis.
Dalam informasi yang dihimpun, operator telekomunikasi diminta untuk sesegera mungkin membuka koneksi ini.
Baca Juga: Waspada Hoaks! Inilah 9 Mitos Virus Corona yang Sering Dipercaya, Padahal Belum Tentu Benar
5. Public Service Announcement (PSA)
Masyarakat juga dapat mengakses informasi terkait Covid-19 melalui lembaga penyiaran publik dan swasta, baik radio, televisi dan informasi yang disediakan oleh Penyedia Layanan Akses Internet (ISP) dan penyedia jasa media online dalam bentuk banner online.
6. Chatbot WA
Chatbot ini dirilis pada Jumat, 20 Maret 2020.
Fasilitas ini bekerja sama dengan WhatsApp dan Telkom Group.
Nantinya, masyarakat bisa berinteraksi dengan akun chat ini, untuk memperoleh informasi secara interaktif di mana kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes.
7. WhatsApp Blast
Publik yang bersedia menerima pesan blast mengenai virus corona SARS-CoV-2 di Indonesia, akan mendapatkan informasi mengenai pandemi global ini.
Perusahaan WhatsApp cuma memberikan akses ini di Indonesia dan Singapura.
WhatsApp blast mulai aktif sejak 20 Maret 2020.
-----
Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di https://www.gridstore.id.
Penulis | : | Danastri Putri |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar