Find Us On Social Media :

Sempat Dibilang Hoaks, Obat yang Terbukti Ampuh Lawan Virus Corona Ini Ternyata Sudah Akrab di Indonesia Sejak Dulu

(Ilustrasi) vaksin virus corona

GridKids.id - Mewabahnya virus corona Covid-19 membuat para ilmuwan dan peneliti berlomba-lomba menemukan vaksin dan obat yang bisa membantu melawan virus ini.

Nah, ada satu obat yang direkomendasikan sebagai bagian proses penyembuhan dari Covid-19, Kids. 

Nama obat ini Chloroquine Phosphate.

Namun, informasi ini sempat dikatakan hoaks, lo. Sampai akhirnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengklarifikasi hal tersebut.

Pasalnya, Kementerian Kominfo telah mendapat informasi terbaru pada (16/3/2020) yang menyatakan kalau Chloroquine atau Klorokuin disarankan untuk jadi bagian dalam penyembuhan virus corona.

Obat tersebut sudah melewati uji klinis terhadap 100 pasien di 10 rumah sakit di Tiongkok, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi kominfo.go.id, Sabtu (21/3/2020).

Pencabutan status disinformasi ini menyusul pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebutkan kalau pemerintah sudah menyiapkan dua obat yang diyakini ampuh untuk menyembuhkan pasien Covid-19, yaitu Avigan dan Klorokuin.

Obat Avigan sudah didatangkan ke Indonesia sebanyak 5.000 butir. Pemerintah juga sedang memesan 2 juta butir obat tersebut.

Sementara itu, obat klorokuin sudah disiapkan sebanyak 3 juta butir.

"Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara, dan memberikan kesembuhan," kata Presiden Jokowi lewat siaran live streaming di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3/2020).

Baca Juga: Ahli di China Sebut Ada Obat yang Ampuh Atasi Virus Corona, Sudah Teruji?