Find Us On Social Media :

Mr. Soenario Sastrowardoyo, Politisi yang Berperan dalam Peristiwa Sumpah Pemuda

Mr. Soenario atau Bapak Soenario Sastrowardoyo adalah salah satu tokohj pergerakan Indonesia yang berperan dalam peristiwa Sumpah Pemuda.

GridKids.id - Kids, kali ini kamu akan kembali membahas tentang tokoh yang berperan dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Sebelumnya kamu sudah diajak membahas bersama tentang organisasi-organisasi pemuda yang telah berdiri jauh sebelum ikrar Sumpah Pemuda, ya.

Nah, kali ini kamu akan diajak mengenal salah satu tokoh yang punya peranan penting dalam peristiwa Sumpah Pemuda, yaitu Mr. Soenario.

Mr. Soenario atau yang lengkapnya Soenario Sastrowardoyo adalah tokoh politisi dan diplomat yang punya banyak peranan selama masa pergerakan nasional di Indonesia.

Bapak Soenario memberikan pidato pada sesi terakhir Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928 silam.

Selepas Indonesia merdeka, Bapak Soenario ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia yang ke-7 selama masa Kabinet Ali Sastroamidjojo (1953-1955).

Semasa Bapak Soenario bersekolah di Rechtshoogeschool (Sekolah Tinggi Hukum), beliau bergabung di organisasi Jong Java.

Selama menuntut ilmu di Universitas Leiden, Belanda, beliau juga tercatat sebagai anggota Perhimpunan Indonesia (PI) dan menjabat sebagai sekretaris.

Bapak Soenario juga merupakan perumus dan pencetus manifesto politik dari organisasi Perhimpunan Indonesia yang ada di Belanda.

Sekembalinya Bapak Soenario ke Indonesia pada 1926, beliau memimpin Nationale Padvinders Organisatie (NPO), sebuah organisasi kepanduan yang dibentuk oleh Mangkunegara VII.

Lalu, seperti apa peranan Mr. Soenario Sastrowardoyo dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928?

Baca Juga: 3 Rapat Kongres Pemuda yang Melahirkan Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober