Find Us On Social Media :

Asteroid Sebesar Gunung Mendekat ke Bumi Minggu Ini, Seperti Apa Gambarannya?

Ada asteroid yang berukuran sangat besar mendekat ke Bumi kita, seperti apa gambarannya?

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa hari ini, tepatnya 27 Juni 2024, ada sebuah asteroid bernama 2011 UL21 yang berjarak kurang lebih 6,6 juta kilometer jaraknya dari Bumi kita?

Jarak 2011 UL21 membuatnya jadi batuan luar angkasa paling besar yang pernah sangat dekat dengan Bumi kita selama 125 tahun ke belakang.

Asteroid berukuran sebesar gunung ini mendekati planet kita dengan kecepatan sekitar 93.000 km/jam.

Keberadaannya termasuk dalam potensi bahaya yang bisa mengakibatkan benturan yang bisa menghancurkan planet kita.

Jarak 2011 UL21 enggak akan sedekat ini dengan Bumi sampai 2089 mendatang, Kids.

Ilmuwan memperkirakan kalau 2011 UL21 setidaknya berukuran 10 kali lebih kecil dari asteroid Vredefort yang pernah menghantam Bumi.

Bahkan ukurannya lima kali lebih kecil dari batu yang memicu kepunahan massal yang membuat dinosaurus punah sekitar 66 juta tahun lalu.

Namun, meski dampak potensial dari keberadaan asteroid 2011 UL21 enggak akan separah yang tercatat dalam sejarah, kehadiran atau kontaknya bisa memicu kerusakan benua.

Selain itu, akan banyak juga puing-puing yang jatuh ke atmosfer jika tabrakan terjadi, bisa juga menyebabkan perubahan iklim di planet kita.

Inilah yang membuat asteroid ini dijuluki sebagai penghancur planet, Kids.

Potensi yang ditimbulkan dari makin mendekatnya asteroid ini ke Bumi perlu menjadi perhatian para ilmuwan dan umat manusia.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Asteroid Kamo'oalewa, 'Bulan' Lain yang Dekat dengan Bumi