Find Us On Social Media :

10 Faktor yang Memengaruhi Kegiatan Impor dan Penjelasannya, Apa Saja?

Impor merupakan kegiatan dalam perdagangan internasional.

GridKids.id - Impor merupakan kegiatan dalam perdagangan internasional yang memungkinkan negara untuk memperoleh barang dan jasa dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Impor juga disebut suatu kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh dua negara atau lebih yang memilki tujuan untuk memenuhi kebutuhan namun mematuhi ketentuan perundang-undangan.

Namun, untuk melakukan kegiatan ada beberapa faktor yang mendorong aktivitas tersebut, di antaranya: 

1. Ketergantungan pada Barang Impor

Jika suatu negara tak mampu memproduksi barang tertentu secara efisien atau enggak memiliki sumber daya alam yang diperlukan, mereka akan cenderung mengimpor barang tersebut.

2. Permintaan Konsumen

Permintaan tinggi dari konsumen untuk barang-barang tertentu yang tak diproduksi secara lokal dapat mendorong impor barang-barang tersebut.

3. Perbedaan Harga

Terkadang, harga suatu barang di pasar internasional lebih murah daripada harga di pasar domestik, sehingga perusahaan akan lebih memilih untuk mengimpor barang tersebut daripada memproduksinya sendiri.

4. Kualitas dan Inovasi

Jika barang impor menawarkan kualitas atau inovasi yang lebih baik daripada barang lokal, konsumen dan perusahaan mungkin akan memilih untuk mengimpor barang tersebut.

Baca Juga: 5 Jenis Impor dalam Industri Perdagangan serta Penjelasan dan Manfaatnya