Find Us On Social Media :

Penuh Risiko, Ini 6 Tugas Profesi Astronaut yang Perlu Diketahui

Austronaut adalah seorang penjelajah luar angkasa.

GridKids.id - Apakah kamu memiliki cita-cita menjadi astronaut?

Astronaut adalah seseorang yang telah dilatih untuk melakukan perjalanan ke antariksa dan melakukan kegiatan di ruang angkasa. 

Astronaut disebut juga dengan kosmonaut atau antariksawan.

Astronaut harus mengenakan pakaian antariksa atau sering disebut sebagai pakaian antariksa atau pakaian ruang angkasa saat mereka melakukan perjalanan ke ruang angkasa.

Pakaian antariksa ini dirancang khusus untuk melindungi astronaut dari lingkungan yang keras di ruang angkasa, termasuk tekanan rendah, radiasi berbahaya, dan suhu yang ekstrim.

Pakaian antariksa juga dilengkapi dengan sistem dukungan kehidupan yang memungkinkan astronot untuk bernapas dan menjaga suhu tubuh mereka dalam kondisi yang aman.

O iya, Sudah ada 500 orang yang menjelajahi ruang angkasa. Salah satunya, John Glenn, astronaut yang pergi di usianya yang ke-77 tahun, menjadikannya sebagai astronaut paling tua sejauh ini.

Dalam menjelajahi ruang angkasa, seorang astronaut membutuhkan berbagai macam alat, seperti makanan, air, habitat dan perlengkapan tidur dan lainnya.

Untuk persediaan makanan dan air astronaut harus mampu bertahan selama berhari-hari atau berminggu-minggu tanpa diisi ulang.

Selain itu, astronaut juga menggunakan berbagai alat untuk membersihkan dan mensterilkan persediaan ini.

Misalnya, sarung tangan bertekanan digunakan untuk membersihkan bahan pakaian antariksa.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Baju Astronot, Pakaian Pelindung Selama di Luar Angkasa