Find Us On Social Media :

Jawaban Soal Pertanyaan Esensial IPAS Kelas 6, Topik: Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia

Alat musing Angklung merupakan salah satu warisan budaya Indonesia.

GridKids.id - Warisan budaya merupakan hasil turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya dalam usahanya untuk melestarikan kebudayaan yang ada.

Warisan budaya adalah sebuah identitas budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita, termasuk tradisi, nilai-nilai, kepercayaan, bahasa, seni, arsitektur, musik, tarian, cerita rakyat, dan pengetahuan lainnya.

Nah, agar lebih memahami pembahasan warisan budaya, mari kita jawab soal pertanyaan esensial buku IPAS kelas 6 halaman 92 dengan topik: Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia.

Pertanyaan Esensial

1. Mengapa budaya perlu diwariskan?

Jawab: Warisan budaya memainkan peran penting dalam memelihara keberagaman budaya di dunia, melestarikan sejarah, dan mempromosikan pemahaman antarbudaya.

Dengan menjaga dan memelihara warisan budaya, kita dapat mewariskannya kepada generasi mendatang dan menghormati kontribusi yang telah dibuat oleh orang-orang sebelum kita.

2. Apa warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia?

Jawab: Contoh warisan budaya benda adalah gamelan, lukisan, gambar, cetakan, mozaik, candi, keris, batik, wayang, angklung, perahu pinisi, noken, situs sejarah, dan lain sebagainya.

Sedangkan warisan budaya tak benda lebih luas daripada warisan budaya benda.

Hal ini meliputi suatu tradisi, sejarah lisan, praktik sosial, seni pertunjukkan, keahlian tradisional, hingga pengetahuan yang di dalamnya terkandung nilai-nilai budaya dan diteruskan dari generasi ke generasi.

Baca Juga: Pengertian Komersialisasi Budaya beserta Contoh-contohnya