Find Us On Social Media :

Apa Bakteri yang Muncul di Air Sumur Dekat dengan Septic Tank? Ini Penjelasannya

(Ilustrasi) Sumber air yang dekat dengan septic tank.

GridKids.id - Penurunan kualitas air umumnya tercemar karena buruknya sistem pembuangan limbah masyarakat, pembuatan WC, septic tank dan sumur resapan yang kurang memenuhi persyaratan dengan baik.

Kebanyakan tata letak septic tank dengan air sumur gali berdekat sehingga memunculkan bakteri yang bernama E Coli atau Escherichia Coli.

Apa itu bakteri E Coli?

Bakteri E Coli adalah bakteri gram-negatif yang sangat umum ditemukan dalam lingkungan dan sistem pencernaan hewan berdarah panas, termasuk manusia.

Secara alami, E Coli merupakan bagian dari flora usus normal manusia dan hewan lainnya.

Namun, beberapa strain E Coli juga bisa menjadi patogen dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk infeksi saluran kemih, diare, dan infeksi lainnya.

Salah satu contoh strain patogenik E Coli adalah E Coli O157:H7 yang terkenal karena dapat menyebabkan keracunan makanan serius melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi.

E Coli juga merupakan organisme penting dalam bidang bioteknologi dan penelitian karena kemampuannya untuk mereplikasi dan memperbaiki diri sendiri dengan cepat.

Meskipun kebanyakan strain E Coli enggak berbahaya, namun penting untuk menjaga kebersihan dan keamanan makanan untuk mencegah infeksi oleh strain patogenik yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Cara Mencegah Bakteri E Coli

Untuk mencegah infeksi bakteri E Coli, ada beberapa langkah yang bisa diambil:

1. Cuci Tangan

Baca Juga: Jarang yang Memeriksa, Ini Ciri-Ciri Air Sumur yang Sehat dan Aman Digunakan untuk Kebutuhan Sehari-hari