Find Us On Social Media :

10 Organisasi Pergerakan Nasional, Materi IPAS Kelas 6 SD

Organisasi Pergerakan Nasional merupakan sebuah organisasi yang wujud protes atas penindasan kaum kolonial kepada rakyat di Indonesia.

GridKids.id - Kids, kita akan mempelajari Organisasi Pergerakan Nasional pada materi IPAS kelas 6 SD.

Pergerakan nasional merujuk pada upaya kolektif suatu bangsa untuk mencapai tujuan bersama, seperti kemerdekaan politik, pembentukan negara, atau perubahan sosial.

Pergerakan nasional seringkali muncul sebagai respons terhadap penjajahan atau ketidakpuasan terhadap pemerintahan.

Kegiatan pergerakan nasional dapat melibatkan berbagai kelompok masyarakat, seperti aktivis politik, pemimpin agama, intelektual, dan rakyat umum.

Organisasi pergerakan nasional adalah sebuah gerakan organisasi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang memilki tujuan organisasi untuk memperbaiki nasib atau keadaan rakyat Indonesia yang sama-sama ingin memeroleh kemerdekaan.

Awal terbentuknya pergerakan nasional ini adalah karena adanya kesadaran penderitaan dan kesengsaraan yang selama ini menimpa masyarakat selama penjajahan.

Maka dari itu, organisasi pergerakan ini diharapkan dapat mengakhiri penderitaan masyarakat Indonesia dengan harapan mendapat keadaan dan perubahan yang lebih baik.

Lalu, apa saja organisasi-organisasi tersebut? Berikut ini daftar organisasi-organisasi pergerakan nasional yang perlu kalian ketahui:

1. Budi Utomo (BU)

Didirikan pada 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo di Yogyakarta.

Bertujuan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan di kalangan orang Jawa.

Baca Juga: Mengenal 6 Organisasi Pergerakan Nasional di Indonesia