Find Us On Social Media :

Intoleransi dalam Kehidupan Beragama dan Persekusi, Pendidikan Pancasila Kelas XII

Dalam masyarakat yang sarat keberagaman, tetap ada sikap-sikap tertutup yang mencerminkan intoleransi pada satu sama lain.

GridKids.id - Kids, kali ini kamu akan kembali belajar bersama tentang materi pendidikan pancasila kelas XII SMA, nih.

Pada artikel kali ini kamu akan melihat seperti itu apa yang dimaksud Intoleransi dalam Hidup Beragama.

Kita telah lebih dulu belajar tentang hak asasi manusia (HAM).

HAM adalah seperangkat hak yang melekat ke hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa (YMA) yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, juga dilindungi negara.

Tak hanya itu, HAM kita juga harus dilindungi oleh hukum, Pemerintah, dan orang-orang punya kehormatan dan hak dilindungi yang sama sebagai manusia.

Hak Beragama adalah salah satu hak asasi manusia yang harus dilindungi dan dihormati.

Hal itu tercantum dalam Undang-Undang NRI Tahun 1945 Pasal 28I ayat (1) dan ditegaskan lagi di Pasal 29 yang berbunyi sebagai berikut:

"Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing untuk menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing"

Berdasarkan UUD NRI Tahun 1945, kebebasan memeluk agama dan beribadah menurut agama masing-masing adalah hak yang dimiliki oleh tiap orang.

Intoleransi yang terjadi sebagai konflik agama timbul karena ada perselisihan antar umat beragama yang di dalamnya sarat ego hingga terjadi konflik yang lama-lama membesar dan memicu pertikaian.

Konflik agama bisa membawa dampak pada hubungan masyarakat yang berbaur setiap harinya.

Baca Juga: Bentuk Permasalahan Sosial akibat Pengelompokan Sosial, Sosiologi Kelas XI SMA