Find Us On Social Media :

Usia Berapa Idealnya Anak Memeriksakan Gigi ke Dokter? Iyaaa

(Ilustrasi) Anak memeriksakan gigi ke dokter.

GridKids.id - Memeriksa gigi anak ke dokter gigi merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak. Termasuk salah satunya rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi.

Namun, terkadang membangun rutinitas periksa gigi ke dokter menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak. 

Bagi kebanyakan anak-anak, perawatan gigi tampak mengerikan dan menakutkan.

Lantas, di usia berapa idealnya anak memeriksakan gigi ke dokter? 

Kebiasaan anak ke dokter gigi sebaiknya dimulai sejak dini, bahkan sebelum gigi pertama tumbuh.

American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) merekomendasikan agar anak mulai mengunjungi dokter gigi ketika gigi pertama mulai tumbuh atau paling lambat pada usia satu tahun.

Kunjungan pertama ke dokter gigi bertujuan untuk memeriksa perkembangan gigi dan memberikan informasi kepada orang tua mengenai perawatan mulut anak.

Dengan memulai kunjungan ke dokter gigi sejak dini, anak dapat terbiasa dengan lingkungan klinik gigi dan dokter gigi, sehingga mereka merasa nyaman dan tidak takut saat perawatan gigi yang mungkin diperlukan di masa mendatang.

Selain itu, kunjungan rutin ke dokter gigi membantu mencegah masalah gigi dan memberikan kesempatan untuk mendiskusikan kebiasaan perawatan mulut yang baik dengan dokter gigi.

Namun, setiap anak bisa berbeda dan beberapa anak mungkin memerlukan kunjungan lebih awal atau lebih sering tergantung pada perkembangan gigi dan risiko masalah kesehatan mulut.

Orang tua sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter anak untuk menentukan jadwal kunjungan yang tepat untuk anak mereka.

Baca Juga: Ampuh Meredakan Sakit Gigi, Cukup Gunakan 5 Bahan Alami Ini