Find Us On Social Media :

5 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Diabetes

Belimbing wuluh adalah salah satu buah yang punya rasa asam dan tinggi flavonoid. Apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh?

GridKids.id - Belimbing wuluh adalah salah satu buah yang umum dikonsumsi sebagai tambahan masakan hingga tanaman obat tradisional.

Buah yang punya nama ilmiah Averrhoa bilimbi L. ini hampir semua bagiannya bisa dikonsumsi dan dimanfaatkan.

Mulai dari bunga, buah, sampai daunnya punya senyawa aktif yang berguna untuk kesehatan tubuh orang yang mengonsumsinya.

Belimbing wuluh punya khasiat untuk mengobati hipertensi, diabetes, batuk-batuk, sariawan, masalah perut, obat diabetes, hingga menurunkan demam.

Belimbing wuluh juga bisa membantu mengurangi jerawat yang muncul di wajah, meredakan pembengkakan, menghilangkan bintik hitam, bekas luka, hingga noda di tubuh seseorang.

Buah yang punya rasa asam ini mudah ditemukan karena tumbuh subur di Indonesia.

Penelitian ilmiah mengungkap kalau ekstrak belimbing wuluh punya kandungan tanin, saponin, triterpenoid, dan flavonoid yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Dilansir dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, ada beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

1. Mengatasi Asam Urat dan Kolesterol

Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry yang rilis di 2015, kandungan saponin yang ada dalam belimbing wuluh bisa membantu mengurangi inflamasi yang terjadi dalam tubuh.

Baca Juga: Disia-siakan di Indonesia, Siapa Sangka Belimbing Wuluh Atasi Sejumlah Penyakit Kronis Ini