Find Us On Social Media :

Kenapa Otak Manusia Perlu Mendapatkan Pasokan Oksigen? #AkuBacaAkuTahu

Otak manusia perlu mendapatkan pasokan oksigen sepanjang waktu. Kenapa begitu, ya?

GridKids.id - Kids, tahukah kamu kenapa otak manusia membutuhkan oksigen?

Otak manusia nyatanya memang perlu mendapatkan oksigen sepanjang waktu supaya bisa berfungsi dengan normal, Kids.

Kalau otak kita kekurangan oksigen atau ada di kondisi di mana sulit mendapatkan pasokan oksigen, hal ini bisa mempengaruhi kesehatan dan bahkan mengancam nyawa kita, lo.

Otak yang kekurangan suplai oksigen bisa mengalami kerusakan, hal ini juga berpengaruh pada kondisi fisik dan psikologis kita, lo.

Tubuh manusia memerlukan oksigen untuk melakukan proses metabolisme glukosa atau gula yang kita peroleh untuk mendapatkan energi setiap harinya.

Dilansir dari laman medcom.id, otak manusia setidaknya perlu seperlima dari total suplai oksigen yang diperlukan tubuh kita.

Otak kita secara tersistem akan mengirimkan impuls elektrokimia antara sel-sel dan untuk menjaga dari kemampuan neuron untuk menerima dan menanggapi sinyal ini.

Ketika kekurangan oksigen enggak segera diatasi maka sel otak akan mulai mengalami kematian dalam hitungan menit, Kids.

Efek dari kondisi ini bisa menyeluruh kepada fungsi seluruh tubuh, lo.

Tak hanya mempengaruhi fungsi fisik tapi juga bisa menyebabkan efek yang membahayakan bagi kesehatan emosional seseorang.

Masalah pada pasokan oksigen ke otak bisa mempengaruhi cara kerja neurotransmitter yang penting dalam mendukung fungsi emosional dan suasana hati kita, Kids.

Baca Juga: Benarkah Ketika Kita Merasa Bahagia, Kemampuan Otak Jadi Meningkat?