Find Us On Social Media :

Materi IPS Kelas 9 SMP: Mengapa Eropa Dijuluki Benua Biru? Ini Penjelasannya

Benua Eropa dijuluki sebagai Benua Biru.

GridKids.id - Eropa secara geografis adalah sebuah semenanjung atau anak Benua Asia.

Pemisahannya sebagai benua tersendiri dikarenakan oleh perbedaan budaya.

Jika ditinjau secara geografis, pemisah dengan Benua Asia di timur adalah Pegunungan Ural dan Laut Kaspia, sementara batas utara adalah Samudra Arktik, batas barat Samudra Atlantik, dan batas selatan Laut Tengah (Mediterania) yang bersebelahan dengan Benua Afrika.

Namun jika ditinjau secara geopolitik, wilayah Eropa di timur mencakup sebagian daratan Benua Asia yang merupakan wilayah dari negara Rusia, sementara wilayah di utara mencakup daerah Greenland (bersebelahan dengan Amerika Utara) yang merupakan wilayah dari negara Denmark.

Jika dilihat dari letaknya, seluruh wilayah di Eropa terletak di atas garis khatulistiwa sehingga memiliki variasi iklim subtropis, sedang, dan dingin.

Jenis-jenis iklim berdasarkan kategorisasi yang lain juga terdapat di benua ini, yakni iklim kutub, mediterania, kontinental, dan laut

Sama dengan benua lainnya, Benua Eropa juga mempunyai julukan, yaitu Benua Biru.

Mengapa Benua Eropa disebut Benua Biru?

Eropa merupakan benua yang menduduki posisi ketiga dengan populasi terbanyak setelah Asia dan Afrika, yaitu sejumlah 742,5 juta jiwa.

Meski menjadi satu dengan daratan Asia, dan namun kedua benua ini dipisahkan oleh sebuah pegunungan bernama Pegunungan Ural.

Benua eropa sendiri memiliki empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin, serta terbagi menjadi empat wilayah, yaitu Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara.

Benua Eropa dijuluki sebagai Benua Biru karena mayoritas penduduk di Eropa memiliki mata berwarna biru yang cerah dan indah.