Find Us On Social Media :

Minim Gravitasi, Apa yang Terjadi Jika Peluru Ditembakkan di Ruang Angkasa?

Ruang angkasa yang luas terbentang, apakah yang terjadi kalau peluru dalam senjata api di tembakkan di ruang hampa udara itu?

GridKids.id - Kids, kamu telah banyak membahas tentang ruang angkasa yang hampa udara.

Segala hal yang terlihat normal di muka Bumi mungkin akan terlihat enggak biasa jika posisinya berada di ruang angkasa yang minim gravitasi.

Muncul pertanyaan unik dan agak imajinatif, apakah peluru yang ditembakkan dengan senjata api bisa terlepas dan mengenai sasaran di ruang angkasa?

Dilansir dari kompas.com, ternyata senjata api berisi peluru tetap bisa berfungsi di angkasa luar, Kids.

Jika imajinasi kita yang unik membayangkan kalau segala hal yang biasanya berjalan cepat akan melambat seolah terkena efek slow motion, faktanya kondisi ini ternyata enggak berlaku pada peluru yang ditembakkan menggunakan senjata api.

Senjata api modern punya oksidatornya tersendiri berupa bahan kimia yang bisa memicu ledakan bubuk mesiu ketika peluru ditembakan.

Cara kerja senjata api ini enggak memerlukan oksigen yang ada di atmosfer.

Meski bisa dilepaskan, peluru mungkin akan terpengaruh oleh suhu ekstrem di ruang angkasa yang enggak punya perlindungan atmosfer seperti di Bumi kita.

Sinar Matahari yang kuat dan sangat panas bisa mengenai langsung senjata api dan memicu senjata beserta pelurunya akan meledak bersamaan.

Senjata api beroperasi ketika kita menarik pelatuknya, hal ini mungkin akan lebih mudah dilakukan di Bumi ketimbang di ruang angkasa yang gravitasinya mendekati nol.

Setiap kali senjata api digunakan akan muncul jejak asap, nah ketika ditembakkan di dua lokasi berbeda, jejak asap akan terlihat berbeda, Kids.

Baca Juga: 3 Hal yang Akan Terjadi Kalau Bumi Enggak Berbentuk Bulat, Apa Saja?