Find Us On Social Media :

Bagaimana Keragaman Lingkungan Alam saat di Dunia? Materi IPS Kelas 9 SMP

(Ilustrasi) Keragaman lingkungan alam yang ada di dunia.

GridKids.id - Kids, kita sekarang kita akan memasuki Bab 4 pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 9 SMP.

Pada tema ini kita akan mempelajari bahwa kontribusi dan kerja sama antarpenduduk dunia bisa mendorong terciptanya kehidupan manusia yang lebih baik.

Topik pertama yang akan dibahas adalah “Keragaman Lingkungan Alam dan Masyarakat Dunia.

Luas bumi yang kita tinggali kurang lebih sebesar 510,1 juta km² dengan jumlah manusia per Oktober 2020 sebanyak 7,8 miliar jiwa (www.worldometers.info).

Dari keseluruhan permukaan Bumi, hanya seperdelapan yang bisa dihuni oleh manusia, sedangkan tiga perempatnya diselimuti oleh lautan, sementara selebihnya merupakan wilayah gurun (14%), pegunungan tinggi (27%), dan wilayah lainnya yang tidak laik huni.

Seperdelapan bagian bumi yang bisa dihuni oleh manusia tersebut kemudian secara umum dibagi ke dalam 5 benua yang menjadi tempat tinggal utama manusia, yakni benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika (Bisa juga dibagi menjadi Amerika Utara dan Amerika Selatan), dan Australia (Disebut juga Oseania yang mencakup wilayah kepulauan di timur Australia).

Di samping itu terdapat juga satu benua yang jarang ditinggali karena kondisi iklimnya yang sangat dingin, yakni benua Antartika.

Sementara secara administratif saat ini bumi dihuni oleh 193 negara (berdasarkan keanggotaan PBB tahun 2020).

Negara dengan luas wilayah terbesar dimiliki oleh Rusia sebanyak 17.098.242 km² dengan jumlah populasi 145.934.462 jiwa (2020).

Indonesia sendiri memiliki luas wilayah yang lebih kecil dari Rusia tetapi memiliki jumlah populasi yang jauh lebih besar.

Mengapa bisa seperti itu? Secara keseluruhan, jumlah populasi dunia akan terus bertambah hingga diperkirakan akan mencapai 9,2 miliar jiwa pada tahun 2050.

Baca Juga: 10 Kekayaan Alam di Indonesia, dari Keanekaragaman Hayati hingga Minyak Bumi