Find Us On Social Media :

Benarkah Memori Masa Kecil Manusia Erat dengan Pengalaman Emosionalnya?

Memori dan ingatan manusia adalah hal yang menakjubkan. Kenangan yang lewat puluhan tahun bisa muncul ketika kita melihat benda atau suasana familiar.

GridKids.id - Kids, apakah kamu mengingat jelas seperti apa baju kesukaanmu ketika kamu umur lima tahun?

Beberapa dari kita mungkin bisa mengingat jelas mainan favorit atau celana panjang yang sering kita gunakan sepanjang waktu.

Sebagian dari kita mungkin punya memori tentang sore hari di waktu hujan turun dengan semangkuk mie rebus lengkap dengan telur dan irisan sawi hijau yang masih menguarkan uap- uap hangat yang harum.

Tiap-tiap dari kita punya ingatan atau memori terhadap hal-hal yang kita lihat dan temukan selama kita bertumbuh besar, Kids.

Hal-hal itu kita lihat dan simpan dalam benak, tersimpan rapi sampai suatu waktu hal serupa yang mengingatkan kita muncul dan membuat memori seolah muncul seperti potongan-potongan adegan dalam kepala kita.

Dilansir dari kompas.com, memori ternyata berkaitan dengan proses psikologis yang dialami manusia, lo.

Menurut proses itulah manusia bisa memperoleh hingga memproses berbagai informasi yang ada di sekitarnya.

Tiap orang punya kemampuan berbeda dalam menyimpan memori, beberapa orang bisa mengingat untuk waktu yang lama, namun sebagian lagi punya ingatan jangka pendek, Kids.

Berbagai memori yang kita proses dan simpan tersimpan dalam otak kita.

Otak kita merupakan organ tubuh yang sangat canggih karena memungkinkan kita menyimpan berbagai memori dalam hidup kita dalam bentuk kode.

Informasi yang sangat banyak itu dirubah jadi kode supaya bisa dipergunakan sewaktu-waktu dibutuhkan, Kids.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Dejavu, Perasaan Familiar yang Tak Bisa Dijelaskan