Find Us On Social Media :

Apa yang Terjadi dengan Astronaut Setelah Kembali Pulang ke Bumi?

Astronaut yang melakukan misi ruang angkasa akan mengalami perubahan setelah kembali pulang ke Bumi. Apa saja dampaknya?

GridKids.id - Siapa nih di antara kamu yang punya cita-cita sebagai astronaut ketika besar nanti?

Astronaut adalah orang yang menjalani latihan dari program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau pesawat antariksa.

Para astronaut yang akan melakukan misi ke ruang angkasa harus mengikuti pelatihan supaya bisa bertahan hidup jauh dari planet Bumi.

Kehidupan di Bumi tentunya enggak sama dengan tempat penelitian para astronaut, Kids.

Dari segi gravitasi dan pergerakan mereka enggak leluasa seperti kebiasaan yang umum dilakukan ketika mereka ada di Bumi.

Situasi yang berbeda ini berdampak pada cara kerja tubuh astronaut ini, Kids.

Astronaut yang melakukan misi ruang angkasa selama beberapa waktu akan mengalami pelemahan otot dan tulang sekembalinya mereka ke Bumi, Kids.

Gravitasi di dalam pesawat ruang angkasa yang menjadi rumah bagi para astronaut memiliki gravitasi yang lebih kecil ketimbang yang biasa dirasakan manusia ketika berada di Bumi.

Gravitasi yang kecil ini dikenal dengan istilah mikrogravitasi membuat para astronaut akan melayang seolah tubuhnya sangat ringan, Kids.

Tak hanya tubuh mereka yang enggak menapak ke permukaan ruang yang mereka tempati, berbagai benda yang mereka gunakan untuk beraktivitas juga terpengaruh mikrogravitasi ini.

Lalu, apa yang akan terjadi pada para astronaut ketika mereka kembali ke Bumi setelah melakukan misi ruang angkasa?

Baca Juga: Bisakah Astronaut Bertahan Hidup Tanpa Baju Astronaut Ketika Melakukan Misi Ruang Angkasa?