Find Us On Social Media :

Karakteristik Netnografi sebagai Metode Penelitian, Antropologi Kelas XI SMA

Netnografi adalah bentuk metode penelitian sosial yang menggunakan platform teknologi dan media dunia maya untuk bisa mengeksplor sebuah tema menarik tentang masyarakat.

GridKids.id - Halo, Kids, masih bersama GridKids untuk membahas tentang materi Antropologi Kelas XI SMA.

Kali ini kamu masih akan meneruskan pembahasan tentang netnografi, nih.

Nah, di artikel BDR sebelumnya kamu sudah mengetahui apa itu netnografi dan bagaimanan model penelitian ini bisa berkembang.

Yap, netnografi adalah metode penelitian yang dipergunakan untuk mengeksplorasi interaksi sosial yang terjadi dalam jaringan (daring) sosial online, misalnya seperti media sosial, forum diskusi, juga komunitas online.

Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Robert Kozinets pada 1998 dan awalnya diidentifikasikan sebagai "the study of social networks through online interactions".

Para ahli menyebut kalau metode penelitian netnografi punya beberapa karakteristik khusus yang membedakannya dengan metode penelitian lainnya, di antaranya:

Karakteristik Netnografi

1. Fokus pada Interaksi Sosial

Netnografi berfokus ke interaksi sosial yang terjadi dalam jaringan sosial online, seperti percakapan, hubungan, dan aktivitas yang terjadi dalam sebuah komunitas online.

2. Menggunakan data digital

Netnografi menggunakan data digital yang diperoleh dari jaringan sosial online, seperti postingan di media sosial, percakapan di chat, atau komentar dalam forum diskusi.

Baca Juga: Prinsip Etika dalam Penelitian Etnografi, Antropologi Kelas XI SMA

 3. Menggunakan metode analisis kualitatif