Find Us On Social Media :

7 Tokoh Sumpah Pemuda Beserta dengan Peran Pentingnya, Siapa Saja?

Hari ini tepatnya 28 Oktober, diperingati sebagai hari sumpah pemuda, momen bersejarah pembentuk persatuan Indonesia sebelum merdeka.

GridKids.id - 28 Oktober hari ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Momen bersejarah ini sangat penting bagi bangsa Indonesia, lo.

Kamu mungkin sudah tahu bahwa pada momen penting inilah persatuan dan kesatuan juga semangat kebangsaan mulai tumbuh dan menguat.

Momentum sumpah pemuda ini juga jadi pengingat bagi kita bahwa meski banyak perbedaan, ketika kita memilih bersatu maka kita akan jadi bangsa yang lebih kuat.

Sebelum Indonesia merdeka, momentum sumpah pemuda 28 oktober 1928 silam jadi tolak ukur persatuan negeri yang masih dalam penjajahan bangsa asing.

Awalnya Sumpah Pemuda bertujuan untuk menyatukan pemuda Indonesia yang berasal dari berbagai daerah.

Adanya kesamaan nasib di antara pemuda-pemuda itu mendorong pelaksanaan Kongres Pemuda yang berasal dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPPI), organisasi pelajar dari seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Sumpah pemuda lahir dari proses yang enggak singkat, perlu dilakukan dua kongres pemuda yang berlangsung sejak 1926-1928.

Kongres Pemuda I diselenggarakan di Jakarta pada 30 April - 2 Mei 1926.

Sedangkan Kongres Pemuda II diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres Pemuda II diselenggarakan di tiga tempat, yaitu di Lapangan Banteng, Gedung Oost-Java Bioscoop dan Gedung Indonesische Clubhuis Kramat.

Baca Juga: Kongres Pemuda dan Lahirnya Sumpah Pemuda 1928, Sejarah XI SMA