Find Us On Social Media :

Pengentasan Stunting dengan Gerakan BERES, Kerjasama KG Media dan KADIN Indonesia

Wakil Presiden Indonesia, Bapak Ma'ruf Amin mengapresiasi peran kelompok KG Media dan KADIN yang bekerja sama dengan program pengentasan stunting di Indonesia.(Dokumentasi Kompas)

GridKids.id - Pada Kamis (26/10/2023) kemarin diselenggarakan acara 'Pencanangan Inisiatif Gotong Royong untuk Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem' di Studio 1 Kompas TV Jakarta.

Dalam acara tersebut hadir Bapak Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin yang mengapresiasi peran Kelompok KG Media dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dalam mengentaskan stunting di Indonesia lewat gerakan Bersama Entaskan Stunting (BERES).

Dalam kesempatan itu, Bapak Ma'ruf Amin juga memberi arahan pada semua pihak yang berkepentingan untuk mengentaskan stunting dengan memerhatikan beberapa langkah, seperti:

1. Menyesuaikan program stunting dan melengkapi program yang sedang dijalankan oleh Pemerintah.

2. Melakukan program ini di lokasi prioritas tinggi angka kasus stuntingnya.

3. Aksi nyata untuk menyasar langsung ke kelompok sasaran prioritas supaya manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh kelompoknya.

4. Menempatkan penerima manfaat dan pelaku di tingkat masyarakat sebagai pelaku utama pelaksanaan program dan melibatkan mereka dalam semua kegiatan terkait.

5. Untuk mencapai keberlanjutan, program harus disusun sejak awal supaya masyarakat dan Pemda bisa menindaklanjuti inisiatif baik ini.

Bapak Ma'ruf Amin juga berharap supaya semua program dan kerja sama yang sudah terjalin ini bisa berjalan efektif, tepat sasaran, dan berkelanjutan di masa depan.

Tak hanya masyarakat dan Pemda, bapak Ma'ruf Amin juga menyinggung peranan pengusaha dalam pengentasan stunting di Indonesia.

Pemerintah Indonesia telah memerhatikan kasus stunting selama lima tahun kebelakang, target angka stunting 14% diharapkan bisa tercapai di tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Salah Satunya Cegah Stunting, Ini 7 Manfaat Protein pada Anak