Find Us On Social Media :

Banyak Dikonsumsi, Benarkah Dulu Ayam Bukan Makanan? #AkuBacaAkuTahu

Ayam adalah salah satu hewan yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Benarkah dulunya ayam bukan hewan yang dimakan manusia?

GridKids.id - Kids, tahukah kamu seperti apa awalnya ayam bisa dekat dengan kehidupan manusia?

Ayam yang punya nama ilmiah Gallus gallus domesticus ini sudah telah lama menjadi hewan yang sangat dekat dengan manusia.

Ayam dikonsumsi sebagai salah satu asupan protein yang dimanfaatkan daging, telur, hingga bulunya untuk kerajinan atau alat bersih-bersih rumah.

Dilansir dari laman mongabay.co.id, sebuah riset terbaru menjelaskan kalau ada tulang ayam domestik pertama ditemukan di Thailand tengah.

Tulang ayam itu diperkirakan ditemukan di Neolitik Ban Non Wat pada 1650 - 1250 SM.

Sebelum temuan itu ada klaim kalau ayam sudah didomestikasi di 10.000 tahun lalu di kawasan Asia, lalu di Eropa, ayam ditemukan lebih dari 7.000 tahun silam.

Proses domestikasi ayam terjadi dibarengi dengan mulai dikenalnya pertanian padi kering ke Asia Tenggara yang ketika itu masih berupa ayam hutan merah.

Di Indonesia, sejarah mencatat kalau ayam merupakan hewan yang sangat dihormati.

Hal ini terlihat dari penamaan salah satu raja besar Majapahit misalnya, Raja Hayam Wuruk yang berarti ayam yang terpelajar.

Kali ini kamu akan diajak belajar bersama tentang seperti apa proses domestikasi ayam menjadi dekat dengan kehidupan manusia saat ini.

Seperti apa gambaran tentang temuan ilmiah terkait domestikasi ayam menjadi hewan yang dekat dengan kehidupan manusia?

Baca Juga: Masih Kerabat Burung, Kenapa Ayam Tak Bisa Terbang Tinggi? #AkuBacaAkuTahu